BMKG: Gempa di Pidie Jaya, Aceh Mirip di Yogyakarta Tahun 2006

Penampakan kondisi bangunan runtuh akibat gempa Pidie Jaya
Penampakan kondisi bangunan runtuh akibat gempa Pidie Jaya. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang Kabupaten Pidie Jaya, Aceh dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa ini mirip dengan gempa yang terjadi di Yogyakarta tahun 2006 silam.

"Magnitudo dan kedalaman hiposenter mirip gempa Yogyakarta tahun 2006," ujar Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG Daryono, Rabu (7/12/2016).

Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,4 SR ini tidak berpotensi tsunami. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi terjadi pukul 05.03.36 WIB dengan kekuatan M=6,4 di wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh. Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Hasil analisis peta tingkat guncangan dari BMKG menunjukkan dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).


Sebanyak 18 orang meninggal dunia akibat gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya, Aceh. Hingga kini evakuasi masih dilakukan terhadap warga yang tertimbun bangunan runtuh.

"Sudah kami tangani dengan alat berat untuk evakuasi, ada puluhan warga yang masih tertimbun," ujar Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi saat dihubungi, Rabu (7/12/2016).

Alat berat juga didatangkan dari kabupaten lain. Namun proses evakuasi memang terkendala medan yang berat.

"Warga yang luka-luka sudah dilarikan ke rumah sakit," imbuh said. Dia belum bisa memastikan berapa jumlah warga yang tertimbun reruntuhan bangunan. Saat ini dia sedang berada di Meureudu di mana ada sebuah rumah roboh yang menimpa satu keluarga.

Dilansir detikcom, gempa yang terjadi di selatan Yogyakarta pada 26 Mei 2006 memiliki kedalaman 17,1 km. Gempa juga terjadi dekat dengan pantai dan tidak menyebabkan tsunami.

Penyebab gempa Yogyakarta saat itu adalah karena aktivitas sesar atau patahan aktif. Penyebab gempa itu juga mirip dengan yang terjadi di Aceh saat ini.
BMKG: Gempa di Pidie Jaya, Aceh Mirip di Yogyakarta Tahun 2006 BMKG: Gempa di Pidie Jaya, Aceh Mirip di Yogyakarta Tahun 2006 Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/06/2016 07:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.