Cuti Bersama 2017 Diprotes: Cuti Karyawan Jadi Berkurang!

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio
Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio. (Detikcom)
Beritakepo.com. Jakarta - Hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2017 bertambah menjadi 3 hari. Waktu cuti bersama yang sebelumnya hanya ditetapkan 4 hari juga ditambah menjadi 6 hari.

Menanggapi keputusan tersebut, tak sedikit pekerja yang mengeluhkan hal tersebut. Keluhan ditumpahkan di media sosial soal cuti bersama yang dinilai menyusahkan.

Menurut pengamat kebijakan publik Agus Pambagio, keputusan penambahan hari cuti bersama itu sudah pasti akan menimbulkan kontra dari publik. Pasalnya, cuti bersama akan memotong hak cuti karyawan.

"Ya itu kan libur dan cuti bersama dipotong cuti, itu ya pasti banyak yang tidak setuju, pasti pada protes kan kebutuhan orang berbeda-beda," kata Agus saat dihubungi lewat telepon, Kamis (8/12/2016) seperti diberitakan Detikcom.

"Lagipula buat apa (cuti bersama) diatur, ya sudah harusnya tidak usah ditambah-tambah, jadi (masyarakat) pasti tidak ada yang setuju," imbuhnya.

Baca juga: Jadwal Lengkap Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017

Apabila cuti bersama ditambah, Agus menuturkan bahwa aktivitas pun bisa terganggu. Tentu hal ini bisa berpengaruh pada produktivitas para pegawai.

"Kalau mau ditambah lagi jadi kebanyakan liburnya, kan aktivitasnya juga jadi tidak produktif," lanjutnya.

Dengan adanya penambahan cuti bersama dan libur nasional tahun 2017 mendatang, Agus menilai pemerintah telah mengambil alih urusan setiap karyawan untuk mendapat hak cuti. Alasan penambahan ini pun dipertanyakan oleh Agus.

"Buat apa ditambah? Cuti bersama kan dipotong cuti karyawan, urusan pribadi kok diatur!" tegasnya.

Baca juga: Libur Nasional dan Cuti Bersama 2017 Tambah 3 Hari, Ini Daftar Lengkapnya

Keluhan soal cuti bersama ini disampaikan sejumlah pembaca ke detikcom. Kebanyakan merasa cuti bersama ini merugikan, karena membuat hangus hak cuti.

"Jika cuti bersama untuk hari raya itu bagus tetapi tidak mengurangi jumlah cuti tahunan. tolong pemerintah bisa lebih bijak untuk keputusan ini," tulis pembaca bernama Roida.

Senada dengan Roida, Habiburrohman juga menyebut cuti bersama ini akan mengurangi jatah cuti tahunan, utamanya akan merugikan pekerja yang jauh dari rumah.

"Pak, kasihani pegawaimu yang kerja jauh dari homebase. Cuti bersama nambah berarti ngurangin jatah cuti tahunan. Sementara pas cuti bersama kita enggak bisa ngapa-ngapain karena jauh dari keluarga. Tahun 2017 cuti tahunannya jadi cuma sisa 6 hari saja jadinya," tulis Habiburrohman.
Cuti Bersama 2017 Diprotes: Cuti Karyawan Jadi Berkurang! Cuti Bersama 2017 Diprotes: Cuti Karyawan Jadi Berkurang! Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/08/2016 05:53:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.