Diikuti 10 Negara, Format Piala AFF 2018 Akan Berubah

Timnas Indonesia saat berlaga di Filipina
Timnas Indonesia saat berlaga di Filipina. (Istimewa)
Beritakepo.com. Piala AFF 2018 akan mengalami perubahan format di fase penyisihan grup sedangkan untuk aturan knock-out tak ada perubahan. Bila putaran final Piala AFF 2016 diikuti oleh delapan tim, maka untuk Piala AFF 2018 turnamen tersebut bakal diikuti 10 tim.

Dengan demikian, tak ada lagi babak kualifikasi seperti yang dimainkan di tahun ini. Babak kualifikasi hanya akan mempertandingkan tim peringkat ke-10 lawan peringkat ke-11 rangking FIFA kawasan Asia Tenggara untuk memperebutkan tiket terakhir ke putaran final.

Dengan 10 tim peserta, format penyisihan akan dibagi menjadi dua grup dengan tiap grup berisikan lima negara.

Babak penyisihan di Piala AFF 2018 nantinya tak akan mengenal format tuan rumah seperti halnya yang terjadi sekarang.

Tiap negara nantinya bakal memainkan empat laga dengan pembagian dua laga kandang dan dua laga tandang. Penentuan laga kandang-tandang itu sendiri dilakukan lewat undian.

Sementara untuk penentuan fase knock-out tak mengalami perubahan. Dua tim terbaik tiap grup bakal melaju ke babak semifinal yang tetap menggunakan format kandang-tandang.

"Dengan perubahan ini akan menghasilkan pendapatan. Bakal ada lebih banyak laga yang dimainkan di kandang sendiri, lebih banyak pertandingan di televisi, dan itu berarti akan banyak pendapatan yang dihasilkan," kata R Sasiummar, Direkrut Pemasaran Red Card Group.

Sementara itu, mantan asisten pelatih Thailand Steve Darby, menjelaskan bahwa perubahan format ini sebagai sebuah kesempatan bagi tim kecil melawan tim besar secara teratur.

"Dalam setiap turnamen, akan ada anak laki-laki besar dan ikan kecil," ujarnya.
Diikuti 10 Negara, Format Piala AFF 2018 Akan Berubah Diikuti 10 Negara, Format Piala AFF 2018 Akan Berubah Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/13/2016 12:00:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.