Ini Alasan Hendra Setiawan Pilih Tan Boon Heong Jadi Pasangannya

Hendra Setiawan dan Tan Boon Heong
Hendra Setiawan dan Tan Boon Heong. (Istimewa)
Beritekepo.com. Pebulu tangkis spesialis ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan akhirnya memilih pemain Malaysia, Tan Boon Heong, sebagai pasangan barunya, disamping Yoo Yeon-seong asal Korea Selatan.

Hendra mengatakan alasannya, selain faktor jarak antara Indonesia dan Malaysia yang tidak terlalu jauh, regulasi partisipasi turnamen yang diterapkan antara Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) dan Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (Badminton Association of Malaysia/BAM) juga sama.

"Sebetulnya ada dua opsi pasangan. Selain Tan, saya juga punya opsi bertandem dengan pemain Korea Selatan, Yoo Yeon-seong. Pada akhirnya saya memilih Tan karena ini yang terbaik dari dua opsi tadi," tutur Hendra, Rabu (7/12/2016), seperti dilansir Juara.net.

Tan Boon Heong, yang berusia 29 tahun g pernah bersinar kala ditangani Rexy Mainaky. Bersama Koo Kien Keat, Boon Heong menjadi juara All England 2007 dan meraih medali emas Asian Games 2006 Doha.

"Saya mengambil keputusan untuk berpasangan dengan Tan Boon Heong itu kemarin. Ya, kemarin. Saya sudah mempertimbangkan semuanya dan paling baik ya berpasangan sama dia. Ini bukan kemauan sponsor," kata Hendra.

"Awalnya dia yang ajak. Bukan sekali ini sih. Dia sempat ngajak buat pasangan tahun 2012, tapi waktu itu saya bilang saya masih ingin Olimpiade lagi.

"Kemudian setelah Olimpiade Rio de Janeiro dia ajak lagi tapi saya belum memutuskan. Baru setelah Korea Open saya ada pikiran untuk main pro. Bukan cuma dia yang ajak, ada beberapa pemain lainnya," tutur bapak dua anak itu.

"Di Korea ada regulasi yang masih belum jelas terkait partisipasi pemain di luar timnas pada turnamen superseries, kadang boleh, kadang tidak. Kalau dari segi permainan, mereka berdua sama bagus," kata Hendra.

Bagaimana soal sentimen suporter Indonesia dan Malaysia?

"Rasanya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami membawa nama negara masing-masing dalam tiap pertandingan nanti," ucap dia.

Hendra dan Tan akan memulai kerja sama pada Januari 2017. Rencananya, mereka akan mengikuti Syed Modi International Badminton Championship (24-29 Januari) di India yang merupakan turnamen level grand prix gold.

Hendra resmi mundur dari pemusatan latihan nasional (pelatnas) per 1 Desember 2016. Terakhir, dia berpasangan dengan Mohammad Ahsan.

Pengunduran diri ini merupakan kali kedua dalam perjalanan karier bulu tangkis Hendra.

Sebelumnya, pada 2009, peraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu juga pernah mundur dari pelatnas saat masih berpasangan dengan Markis Kido.
Ini Alasan Hendra Setiawan Pilih Tan Boon Heong Jadi Pasangannya Ini Alasan Hendra Setiawan Pilih Tan Boon Heong Jadi Pasangannya Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/07/2016 01:15:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.