Jadwal Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2016

Penampilan Boaz Salossa saat melawan Vietnam di Hanoi
Penampilan Boaz Salossa saat melawan Vietnam di Hanoi. (Twitter @affsuzukicup)
Beritakepo.com. Tim nasional Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016 setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12). Hasil itu membuat Indonesia lolos dengan agregat 4-3 setelah pertandingan pertama di Stadion Pakansari berakhir dengan skor 2-1.

Indonesia lolos setelah melewati laga yang dramatis. Vietnam yang bermain dengan 10 orang sejak menit ke-77 tak mau menyerah dan terus memberikan perlawanan ketat. Vietnam bermain 10 orang setelah penjaga gawang Tran Nguyen Manh menendang Bayu Pradana sehingga wasit mengeluarkan kartu merah.

Indonesia benar-benar ada di atas angin di 15 menit akhir pertandingan. Dalam kondisi unggul 1-0, kiper Vietnam Tran Nguyen Manh mendapatkan kartu merah.

Hal itu semestinya bisa membuat Indonesia menjalani sisa laga dengan nyaman. Namun ternyata mimpi buruk tersaji bagi Indonesia. Vietnam berhasil mencetak dua gol dan berbalik menang 2-1 di waktu normal. Hasil ini memaksa terjadinya perpanjangan waktu.

Indonesia akhirnya lepas dari mimpi buruk setelah Manahati Lestusen mencetak gol penalti di menit ke-97.

Bagi pelatih Alfred Riedl, Indonesia seharusnya bisa memastikan tiket final Piala AFF lebih cepat. "Ada tiga peluang datang bagi kami saat mereka tampil dengan 10 pemain di lapangan."

"Laga ini seharusnya bisa berakhir lebih cepat, namun hal itu ternyata tak bisa terwujud," kata Riedl kepada wartawan seusai pertandingan.

Dengan demikian, Indonesia lolos ke final Piala AFF untuk kelima kalinya. Sebelumnya Indonesia pernah melaju ke final 2000, 2002, 2004, dan 2010. Hanya saja, dari empat partai pamungkas itu, Indonesia belum pernah mampu memanfaatkannya untuk merebut gelar juara.

Untuk laga Final Piala AFF ini juga akan berlangsung dalam dua leg. Sesuai dengan bagan yang tertera pada laman resmi AFF Suzuki Cup, pemenang dari Semifinal Indonesia vs Vietnam akan menjadi tuan rumah pada leg pertama. Semifinal kedua antara Thailand dan Myanmar akan dimainkan pada Kamis (8/12/2016) dengan Thailand tengah memimpin agregat 2-0. Besar kemungkinan Thailand akan kembali dihadapi Indonesia.

Dengan demikian, Indonesia kemungkinan besar akan menjamu Thailand di leg pertama. Stadion Pakansari Cibinong kemungkinan besar akan menjadi kandang timnas.

Berikut jadwal lengkap untuk Final Piala AFF 2016

Leg pertama, Rabu, 14 Desember 2016 : Indonesia vs Thailand/Myanmar

Leg kedua, Sabtu, 17 Desember 2016 : Thailand/Myanmar vs Indonesia
Jadwal Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2016 Jadwal Timnas Indonesia di Final Piala AFF 2016 Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/07/2016 08:02:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.