Jembatan Cisomang Bergeser 53 Cm, Aher: Sedang Diperbaiki

Bupati Dedi Mulyadi memperhatikan proses perbaikan Jembata Cisomang
Bupati Dedi Mulyadi memperhatikan proses perbaikan Jembata Cisomang. (Detikcom)
Beritakepo.com. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan pergeseran tanah di Jembatan Cisomang, di ruas jalan tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Pergeseran terdeteksi pada bagian atas pilar kedua jembatan ke samping sejauh 53 centimeter (cm).

Direktur Jenderal Bina Marga, Arie Setiadi, mengatakan pergeseran jembatan terjadi karena pergeseran permukaan tanah yang menjadi pijakan fondasi di bawahnya.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) berharap perbaikan bisa segera selesai.

"Saya sudah dapat laporan (Jembatan Cisomang) sekarang sedang diperbaiki, semoga cepat beres," kata Aher di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (23/12/2016).

Aher mengapresiasi kinerja Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) yang bisa mendeteksi pergeseran tersebut. Pasalnya, sambung dia, apabila terlambat bisa saja terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

"Berarti kinerja tim pengawasan dari Kementerian PUPR ini bagus karena terdeteksi (pergeseran) itu. Karena pemeriksaan berkala ini berjalan dengan baik," ungkap dia.

Dampak dari pergeseran pilar tersebut, kendaraan golongan II hingga V dilarang melintasi Jembatan Cisomang. Pembatasan kendaraan itu bertujuan mengurangi beban jembatan dan keselamatan pengguna lalu lintas.

Meski demikian, Aher mengaku tidak khawatir kunjungan wisatawan ke Jabar berkurang dengan adanya pembatasan tersebut. Mengingat, kendaraan golongan I masih diperkenankan melintas.

"Tidak ada kekhawatiran (mengurangi kunjungan wisatawan). Kan hanya truk dan bus saja yang tidak bisa, di luar itu masih bisa," terang dia.

Orang nomor satu di Jabar ini mengimbau masyarakat untuk tetap menaati peraturan lalu lintas dan arahan dari pihak berwenang terkait kondisi Jembatan Cisomang. Hal itu demi keselamatan bersama.

"Ikuti arahan petugas (teknis) karena yang mengetahui kondisi Jembatan Cisomang saat ini," ujar Aher.
Jembatan Cisomang Bergeser 53 Cm, Aher: Sedang Diperbaiki Jembatan Cisomang Bergeser 53 Cm, Aher: Sedang Diperbaiki Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/23/2016 03:44:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.