Jokowi Akui Ada Keluhan Kebebasan Beragama di Indonesia

Jokowi dalam pertemuan bersama Komnas HAM
Jokowi dalam pertemuan bersama Komnas HAM. (Detikcom)
Beritakepo.com. Presiden Joko Widodo mengakui masih banyak elemen hak asasi manusia yang belum sepenuhnya dapat dilaksanakan oleh pemerintah. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat menerima Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (9/12/2016) malam.

"Masih banyak elemen hak asasi manusia lainnya yang belum sepenuhnya dapat kita laksanakan, seperti penyelesaian kasus HAM masa lalu, agraria, pelanggaran hak masyarakat adat, perdagangan manusia, kejahatan seksual dan kekerasan pada anak," kata Jokowi.

Selain itu, lanjut Jokowi, ada juga keluhan-keluhan yang berkaitan dengan kebebasan beragama.

"Termasuk ada keluhan-keluhan yang berkaitan dengan kebebasan beragama," ujar Jokowi yang didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Mensesneg Pratikno, Menkum HAM Yasonna Laoly, Seskab Pramono Anung, Jubir Kepresidenan Johan Budi, dan Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana.

Jokowi lalu menegaskan, kebebasan beragama merupakan tanggung jawab pemerintah pula. Pemerintah juga harus menjamin warganya bisa beribadah sesuai dengan agama yang dipeluknya.

"Tapi saya juga menyadari bahwa baru-baru ini juga masih ada hal yang perlu kita perbaiki dan dalam menjalankan peran ini," ungkap Jokowi.

Kunci untuk menjaga peran itu adalah dengan menyadari keberagaman. Indonesia terdiri dari beragam suku dan agama yang tidak dapat dipungkiri.

"Pemerintah menyadari pentingnya keberagaman dari semua elemen bangsa untuk menjaga kerukunan kita," ujar Jokowi.

Di luar semua kekurangan tersebut, Jokowi juga menekankan bahwa pemerintah sudah bekerja di sejumlah aspek lainnya.

Misalnya, pemerintah sudah mengupayakan seluruh anak-anak Indonesia bisa bersekolah. Selain itu, masyarakat miskin juga bisa mendapatkan akses kesehatan.

"Kita pastikan hari ini kurang lebih 88 juta kartu Indonesia sehat yang untuk keluarga yang tidak mampu," ucap Jokowi.
Jokowi Akui Ada Keluhan Kebebasan Beragama di Indonesia Jokowi Akui Ada Keluhan Kebebasan Beragama di Indonesia Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/09/2016 06:13:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.