Pasang Foto Aksi 212 di WA, Ini Penjelasan Ketua KPU DKI

Profile picture WhatsApp Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno
Profile picture WhatsApp Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno. (Istimewa)
Beritakepo.com. Profile picture Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno di WhatsApp sempat menjadi bahan perbincangan di media sosial. Saat itu, Sumarno memasang salah satu foto aksi Bela Islam III di Monas yang berlangsung pada 2 Desember 2016 lalu.

Foto yang dipasang Sumarno adalah jepretan dari udara yang memperlihatkan para peserta di sekeliling Monas. Saat dikonfirmasi, Sumarno membenarkan bahwa dia sempat memasang foto itu di WhatsApp meski sekarang sudah menggantinya.

"Iya memang saya sempat pasang," kata Sumarno saat dihubungi, Rabu (7/12/2016), dilansir Detikcom.

Apa alasan Sumarno memasang foto tersebut?

"Sebenarnya begini, profil saya awalnya foto saya yang dikirim wartawan CNN TV pas lagi diwawancara. Tapi wartawan yang lain bilang 'Pak, background-nya kok CNN sih Pak?'. Terus saya ya sudahlah. Kebetulan foto itu sedang beredar, saya pasang foto itu. Jadi sederhana saja," ujar Sumarno.

Sumarno menyatakan, ia tidak hadir saat digelarnya kegiatan doa bersama di Monas. Ia juga menyampaikan, foto yang dipasangnya itu adalah foto yang sudah beredar luas di masyarakat.

"Foto itu dapatkan dari internet saja. Kemudian kok menarik dari sisi gambarnya. Kemudian dijadikan profil," katanya, dikutip dari Liputan.com.

Namun, dia tertarik dengan jalannya aksi yang berlangsung damai hingga akhir. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga sempat menemui peserta aksi.

"Melihat pemberitaan yang begitu ramai, cukup menarik ya. Dari artikulasi masyarakat yang menyampaikan aspirasi, ternyata berakhir begitu damai. Ini suatu sistem politik demokratis yang sangat baik," ungkapnya.

Seperti diketahui, tuntutan dari aksi Bela Islam III adalah terkait dugaan penistaan agama yang dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang sudah ditetapkan jadi tersangka dan akan menjalani persidangan. Ahok kini merupakan salah satu calon di Pilgub DKI 2017.

Sumarno menegaskan bahwa aksi Bela Islam III tidak terkait dengan Pilkada. Sikapnya yang memasang foto aksi 212 di WhatsApp pun tidak ada hubungannya dengan Pilgub DKI 2017.

"Aksi itu tidak ada hubungannya dengan Pilkada. Tidak ada yel-yel atau spanduk terkait Pilkada," ucap Sumarno.

Sumarno menuturkan dia tetap netral dalam keberjalanan Pilgub DKI Jakarta 2017 ini. Hal itu tidak perlu diragukan lagi.

"Enggak diragukan lah netralitas itu," pungkasnya.
Pasang Foto Aksi 212 di WA, Ini Penjelasan Ketua KPU DKI Pasang Foto Aksi 212 di WA, Ini Penjelasan Ketua KPU DKI Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/08/2016 10:20:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.