Pernah Merampok di Jateng, Ini Daftar Kejahatan Ramlan Butar-butar

Ramlan Butar-Butar, otak perampokan Pulomas
Ramlan Butar-Butar, otak perampokan Pulomas. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Aksi kejahatan Ramlan Butarbutar terjejak di beberapa wilayah. Selain pernah melakukan perampokan di Depok, Ramlan sempat melakukan aksi yang sama di wilayah hukum Jawa Tengah.

"Yang bersangkutan pernah ditangkap Polda Jawa Tengah atas perampokan di perumahan elite di Jawa Tengah," ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Hendy F Kurniawan kepada detikcom, Jumat (30/12/2016).

Modus operandinya pun sama. Ramlan cs merampok rumah korban sambil menodongkan senjata api, kemudian mengikat para korban dan menyekapnya.

Kisah Ramlan di dunia perampokan sudah berakhir. Dia tewas kehabisan darah setelah 2 butir peluru menerjang kedua kakinya pada Rabu (28/12). Ia disebut rutin masuk keluar penjara sejak 2001. Ramlan yang dikenal bergerak dengan Geng Medan ini tak segan melumpuhkan korbannya.

Ramlan beserta lima komplotannnya masuk daftar pencarian orang atas perampokan di rumah di Jalan Kayu Putih Timur pada 14 September 2016 silam. Keenamnya merampas sembilan perhiasan berlian, enam perhiasan emas, dua sepeda motor jenis sport, dan sejumlah ponsel berbagai merek dengan total kerugian mencapai Rp 1 miliar.

Ramlan juga pernah memimpin perampokan di Depok dan ditangkap polisi pada Agustus 2015. Ia menyekap korbannya yang ada di Griya Telaga Permai, Cilangkap, Tapos, Depok, lalu menggasak emas 43 gram dan kartu ATM pemilik rumah.

Ramlan juga masuk DPO Polresta Depok atas aksi perampokan perhiasaan dan uang di toko material di Cimanggis pada 2015; di rumah artis lawas, Farouq Avero, di Sawangan pada 2014; dan di Toko Gas Alam Grosir di Cimanggis pada 2014.

Pada 2014, jejak Ramlan juga terendus di rumah mewah di Cikarang pada 2014, di ruko di Cikarang pada 2014, dan di belakang Terminal Baranangsiang pada 2015.

Saat ditangkap pada 2015 lalu, Ramlan sempat mengungkapkan kepada polisi bahwa ia juga ditangkap pada 2013, dan sebelumnya mendekam di Lapas Bulak Kapal pada 2008. Sejumlah penelusuran juga menunjukkan Ramlan tak hanya melancarkan aksinya di Jabodetabek.

Pada 2010, Ramlan pernah ditangkap Polda Jateng karena merampok di Tegal dan di Surakarta. Pada 2007, dia juga pernah beraksi di Cirebon, Jawa Barat.

Ramlan sebelumnya diburu atas perampokan di rumah seorang arsitek Dodi Triono di Jl Pulomas Utara No 7A Pulogadung, Jakarta Timur. Selain Ramlan, polisi telah menangkap rekannya, Erwin Situmorang dan Alfin Sinaga.
Pernah Merampok di Jateng, Ini Daftar Kejahatan Ramlan Butar-butar Pernah Merampok di Jateng, Ini Daftar Kejahatan Ramlan Butar-butar Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/29/2016 09:26:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.