Polisi Sudah Limpahkan Berkas Kasus Buni Yani ke Kejaksaan

Kasus Buni Yani segera P21
Kasus Buni Yani segera P21. (Detikcom)
Beritakepo.com. Jakarta - Penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya telah melimpahkan berkas perkara tersangka Buni Yani ke kejaksaan. Saat ini berkas tersebut masih diteliti oleh jaksa penuntut umum.

"Sudah dilimpahkan tahap satu, sekarang berkasnya masih di jaksa," ujar Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Pol Wahyu Hadiningrat kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Wahyu mengatakan berkas tersebut telah dilimpahkan ke Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta pada Selasa (6/12) kemarin.

"Sekarang berkasnya masih di JPU, sedang diteliti," imbuhnya.

Buni Yani ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan Pasal 28 ayat (2) UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Buni Yani dinilai menyebarkan informasi bernuansa SARA gara-gara postingan statusnya di Facebook.

Pasal 28 ayat (2) UU ITE menyatakan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, tas dan antargolongan (SARA).

Buni Yani sebelumnya dilaporkan oleh Andi Windo selaku Sekretaris Komunitas Advokat Muda Ahok-Djarot (Kotak ADJA) pada 7 Oktober lalu. Buni dinilai telah menyebarkan informasi yang menimbulkan kebencian dan permusuhan berdasarkan SARA karena menulis status di akun Facebooknya yang diposting pada 6 Oktober.

Buni menambahkan kata-kata atas transkripan perkataan Ahok soal Surat Al-Maidah 51 yang terdapat dalam rekaman video yang diunggahnya ke akun Facebooknya itu, seperti membubuhi kalimat 'pemilih muslim', yang sebenarnya tidak diucapkan Ahok.

"PENISTAAN TERHADAP AGAMA? "Bapak-Ibu [pemilih Muslim]... dibohongi Surat Al Maidah 51" ...[dan] "masuk neraka [juga Bapak-Ibu] dibodohi" Kelihatannya akan terjadi sesuatu hang kurang baik dengan video ini," postingan status Buni Yani.
Polisi Sudah Limpahkan Berkas Kasus Buni Yani ke Kejaksaan Polisi Sudah Limpahkan Berkas Kasus Buni Yani ke Kejaksaan Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/06/2016 09:37:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.