Selain Dicakar Dora, Aiptu Sutisna Pernah Ditodong Senpi

Aitpu Sutisna mendapat penghargaan dari Kapolda Metro Jaya
Aitpu Sutisna mendapat penghargaan dari Kapolda Metro Jaya. (Detikcom)
Beritakepo.com.Jakarta - Risiko menjadi anggota Polisi Lalu Lintas memang besar dan cenderung membahayakan. Seperti yang dialami Aitpu Sutisna, anggota Polantas Polda Metro Jaya. Bukan hanya dimarahi pengendara, Sutisna pernah diancam dengan todongan senjata api oleh pengendara motor.

"(Kejadian penodongan) di situ juga, di daerah Kampung Melayu juga, yang tangani Polres Jaktim," kata Sutisna kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (14/12/2016).

Namun kejadian itu tidak menimpa langsung Sutisna. Sutisna mengisahkan, penodongan itu terjadi saat pengendara motor tersebut diberhentikan karena memasuki busway.

"Diberhentikan enggak terima, dia nodongin senjata ke rekan saya, kita mau tangkap enggak ketangkep. Akhirnya ya Polres Jaktim yang nangkep. Ketangkep satu doang," kisahnya.

Atas dedikasinya itu, Sutisna pun mendapat penghargaan dari pimpinannya. Penghargaan dari Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya dia dapatkan dua kali.

"Dari Dirlantas saya sudah dua kali, yang sekarang (Kombes Ermayudi) sama sebelumnya (Kombes Syamsul Bahri)," lanjutnya.

Sutisna juga pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2013 atas dedikasinya mengamankan kegiatan KTT APEC. Tadi pagi, Sutisna kembali menerima penghargaan dari Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) M Iriawan atas sikapnya yang tidak arogan saat menghadapi Dora.

Dengan segudang penghargaan itu, Sutisna merasa bukan hal yang luar biasa, tetapi ia merasa bangga karena pimpinannya memperhatikan kinerja anak buahnya.

"Cuma memang merasa sedikit bangga karena pimpinan mau mengapresiasi," ujarnya.

Berikut profil singkat Aiptu Sutisna:

Lulusan Bintara 1993
Tahun 1993: Berdinas di Yanma (Pelayanan Masyarakat) Polda Metro Jaya.
Tahun 1996: Tugas di Polsek Penjaringan, Polres Jakarta Utara.
Tahun 2006 sampai sekarang: Tugas di Satuan Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya.

Bagi Sutisna yang sepanjang hari menemui berbagai pengendara di jalanan Ibu Kota, perlakuan kasar sudah jadi rutinitas sehari-hari. Selain kaki yang kuat untuk berdiri selama berjam-jam di jalan, sabar adalah modal yang tak kalah penting.

"Ke depannya saya yang harus hati-hati dan tambah kesabarannya, orang sekarang enggak kaya dulu, sekarang orang tambah emosi di jalan," kata Sutisna.

Sutisna diganjar penghargaan oleh Kapolda atas kesabarannya kemarin. Kapolda berharap sikap Sutisna dapat menjadi contoh bagi anggota lainnya.

"Di kepolisian ada reward and punishment, kita berikan reward berupa piagam penghargaan, dengan pertimbangan punya dedikasi, loyalitas, dan kesabaran tinggi," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono.
Selain Dicakar Dora, Aiptu Sutisna Pernah Ditodong Senpi Selain Dicakar Dora, Aiptu Sutisna Pernah Ditodong Senpi Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/13/2016 11:22:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.