Tiru Program Ahok, Ini Solusi Agus Atasi Kemacetan Jakarta

Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono
Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono. (Detikcom)
Beritakepo.com. Cagub DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono melontarkan solusi untuk mengatasi kemacetan Jakarta. Tak ada yang baru, putra SBY ini hanya meniru apa yang telah dan akan dilakukan cagub petahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Bagi kami yang harus dilakukan adalah semua moda transportasi ditingkatkan baik kapasitasnya maupun kualitasnya, kita harus memberikan insentif yang positif bagi masyarakat untuk pada akhirnya mulai meninggalkan ataupun kurangi penggunaan kendaraan pribadi," kata Agus di gedung Aldevco, Jakarta Selatan, Senin (5/12/2016), dilansir Detikcom.

Membenahi transportasi umum, kata Agus, merupakan satu langkah yang cukup menjanjikan. Jika transportasi umum sudah baik, masyarakat akan dengan sendirinya mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.

"Saat ini kita memiliki TransJakarta, kita harus yakinkan koridor yang direncanakan sejak dulu benar-benar terealisasi. Saya dengar masih ada 4 koridor yang belum terealisasi, kemudian kita tentu harus teruskan projek besar seperti MRT dan LRT untuk lebih mengangkut jumlah comuters lebih banyak lagi," ujar Agus.

Agus juga menilai banyak hal yang perlu dicermati jika ingin merealisasikan gagasan yang pernah disebut cawagub Sandiaga Uno soal moratorium mobil mewah masuk Jakarta untuk atasi kemacetan.

"Menurut saya kita harus lihat berapa jumlah warga yang memiliki mobil mewah, mobil juga kategorinya apa, apakah range harga atau lain sebagainya. Apakah itu efektif untuk memecah kemacetan di Jakarta silakan tanyakan pada yang mengusung itu," kata Agus.

Agus menilai, akan sulit jika menekan jumlah kendaraan pribadi di Jakarta hanya dengan sebuah aturan. Terlebih jika masyarakat ternyata memiliki kemampuan untuk membeli sebuah mobil.

"Saya pikir agak sulit mencegah orang beli itu karena mahal, loh kok ini negara demokratis tapi dicegah-cegah. Pastinya akan ada resistensi semacam itu dan sekali lagi selain itu agak melanggar hak dari warga yang memiliki kemampuan, kita lihat saja apakah itu visible dan bisa mengurangi kemacetan secara signifikan," urai Agus.
Tiru Program Ahok, Ini Solusi Agus Atasi Kemacetan Jakarta Tiru Program Ahok, Ini Solusi Agus Atasi Kemacetan Jakarta Reviewed by Amborsius Ambarita on 12/05/2016 12:40:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.