Canda Rizal Mallarangeng: Saya Pendukung AHY, Ahok Hakul-yakin

Rizal Mallarangeng (kanan) bersama Ahok saat bedah buku @kurawa
Rizal Mallarangeng (kanan) bersama Ahok saat bedah buku @kurawa. (Istimewa)
Beritakepo.com. Direktur Eksekutif Freedom Institute, Rizal Mallarangeng, mengaku, dirinya merupakan pendukung calon gubernur petahana DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017.

Ia mengatakan, pilihan politiknya itu berbeda dengan keluarga dan rekan-rekannya yang mendukung calon gubernur DKI nomor pemilihan satu, Agus Harimurti Yudhoyono, ataupun calon nomor pemilihan tiga, Anies Baswedan.

"Saya ini juga pendukung AHY, Ahok hakul-yakin," kata Rizal dalam acara bedah buku A Man Called Ahok karya pemilik akun Twitter @kurawa atau Rudi Valinka di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).

Sebagai informasi, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hakul-yakin berarti keyakinan akan kepercayaan berdasarkan kenyataan; keyakinan yang sungguh-sungguh.

Dia melihat Ahok sebagai gubernur yang berani bertindak. Dia menyebut, gubernur-gubernur Jakarta sebelum Ahok lebih banyak bicara ketimbang merealisasikan kebijakan. Ia mencontohkan tindakan Ahok dalam pembersihan kali serta reklamasi Pantai Utara Jakarta.

Rizal bahkan menilai Ahok kini merupakan salah satu tokoh berpengaruh di Indonesia.

"Kenapa demikian? Suka enggak suka, Ahok bagian sejarah Indonesia karena dipilih sebagai ujian untuk membuktikan Indonesia yang lebih toleran, saling menghargai, maju dalam perbedaannya, dan saling menghargai dalam perbedaannya," kata Rizal.

Hal itu diungkapkan Rizal sekaligus untuk menanggapi kasus hukum yang tengah dijalani Ahok. Adapun Ahok merupakan terdakwa kasus dugaan penodaan agama.

Rizal melanjutkan, banyak tokoh yang merupakan bagian sejarah juga terjegal ketika memperjuangkan Indonesia.

"Bung Karno pernah diasingkan dan 14 tahun dipenjara, Ciptomangunkusumo 12 tahun dipenjara. Walaupun nantinya Bu Vero (Veronica Tan, istri Ahok) bingung, 'kenapa suami saya begini?'. Tapi you have to proud to be the chosen one," kata Rizal.

Dia meyakini, nantinya masyarakat Indonesia dapat lebih toleran dibanding sekarang.

"Pak Ahok the chosen on to tell the people, kalau masyarakat Indonesia yang sekarang menentang Ahok pada akhirnya terbuka hatinya untuk toleran. Jadi Pak Ahok harus tabah dan persistence," kata Rizal.

Adik dari Andi Mallarangeng itu lalu memberi saran kepada Ahok jika nanti terpilih lagi memimpin Jakarta selama lima tahun ke depan.

"Kesannya di debat-debat kok lebih banyak yang dipermasalahkan adalah emosi dan kata-kata tidak produktif Ahok," kata Rizal.

Dia menyarankan Ahok lebih merangkul DPRD DKI Jakarta dan birokrasi jika dia terpilih kembali pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Selain itu, ia menyarankan Ahok agar tidak banyak membuat kontroversi.

"Kalau sekadar buat kontroversi sih gampang, tetapi tugas Ahok adalah merangkul DPRD dan birokrasi. Hanya dengan merangkul mereka, tercapai tujuan kita semua," kata Rizal yang mengaku sebagai seorang "Ahokers".
Canda Rizal Mallarangeng: Saya Pendukung AHY, Ahok Hakul-yakin Canda Rizal Mallarangeng: Saya Pendukung AHY, Ahok Hakul-yakin Reviewed by Amborsius Ambarita on 1/09/2017 04:27:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.