Kisah Sumardin, Pria yang Tak Tamat SD Nikahi Bule Jerman di Sulsel

Sumardin (29) menikahi bule asal Jerman, Ermina Fransica (35)
Sumardin (29) menikahi bule asal Jerman, Ermina Fransica (35). (Istimewa)
Beritakepo.com. Tak pernah terbersit dalam benak Sumardin, pemuda asal Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, bahwa dirinya akan berjodoh dengan seorang bule. Pada Selasa (17/1/2017) kemarin, pemuda berusia 29 tahun itu melangsungkan akad nikah dengan Ermina Fransica, wanita lebih tua enam tahun dari usianya, di Kantor Urusan Agama Masamba.

Ermina adalah wanita berusia 35 tahun asal W├╝rzburg, sebuah kota otonom di Bayern, Jerman. Pernikahan tersebut berlangsung secara sederhana di Kantor Urusan Agama (KUA) Masamba. Ermina menjadi mualaf sebulan sebelum menikah.

Sumardin, yang tak tamat SD, bekerja sebagai tukang kebun. Kadang ia diminta bantuan untuk penataan Rumah Pohon yang terletak di Desa Kamiri, Kecamatan Masamba. Seperti diberitakan detikcom, meski tujuannya hanya berkunjung sebagai turis, Ermina juga ikut terlibat di komunitas Rumah Pohon.
Cinta keduanya bersemi di Komunitas Rumah Pohon
Cinta keduanya bersemi di Komunitas Rumah Pohon
Rumah Pohon di Masamba didirikan Edy Suranta Ginting pada Maret 2016. Komunitas ini merupakan tempat warga belajar segala hal, dari pemanfaatan sampah hingga bahasa Inggris

Sejak bertemu, pada awal 2016, Ermina sudah sering diantar Sumardin menggunakan sepeda motor. "Dengan kemampuan bercakap bahasa Indonesia yang lancar, Mina (panggilan Ermina) tidak mengalami kendala komunikasi dengan warga desa," kata Adnan, pengelola Rumah Pohon.

Setelah berpacaran beberapa bulan, hasrat untuk hidup bersama selamanya timbul pada bulan September 2016.

Pernikahan Sumardin dan Ermina digelar di KUA Masamba pada Selasa, 17 Januari 2017. Tidak banyak yang datang karena memang tidak ada undangan. Hanya keluarga dan saksi yang hadir.
Keduanya menikah di KUA Masamba, Sulsel
Keduanya menikah di KUA Masamba, Sulsel
"Saya tahu (pernikahan) sehari setelahnya," tutur Adnan.

Menurut Adnan, Ermina dan Sumardin tidak banyak cerita soal pernikahan. Mereka beraktivitas seperti biasa sebelum dan setelah menikah. Saat ini, kegiatan Rumah Pohon libur sementara. Ermina dan Sumardin tidak berada di Masamba.
Kisah Sumardin, Pria yang Tak Tamat SD Nikahi Bule Jerman di Sulsel Kisah Sumardin, Pria yang Tak Tamat SD Nikahi Bule Jerman di Sulsel Reviewed by Amborsius Ambarita on 1/24/2017 10:07:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.