Minta Didesain Ulang, Sumarsono: Kereta MRT Mirip Jangkrik

Sumarsono memperlihatkan gambar desain MRT
Sumarsono memperlihatkan gambar desain MRT. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) mengaku tidak senang dengan desain kereta untuk mass rapid transit (MRT). Soni menyebut desain kereta rel listrik (rolling stock) mirip jangkrik.

"Itu muka kepala keretanya kayak jangkrik. Untuk membutuhkan re-desain ini, kita akan undang pabriknya yaitu Nippon Sharyo dan Sumitomo pekan depan hari Jumat agar dijelaskan secara teknis mengenai muka daripada kepala kereta mock up (contoh) rolling stock," ujar Sumarsono di Ruang Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/1/2017) siang, seperti diberitakan Detikcom.

Keinginan desain ulang ini menurut Soni berasal dari berbagai komentar yang diterimanya mengenai kepala kereta yang dinilai tidak bagus. Pihak yang memberi masukan menurut Soni ingin agar kereta MRT punya desain yang bagus.

"Teman-teman banyak yang komentar, kok bentuknya kurang bagus. Ya kalau nggak bisa total aerodinamis, paling minimum desain ulang, rekayasa ulang aerodinamisnya saja," imbuhnya.

Sementara itu, Dirut PT MRT, William P. Sabandar mengatakan pihaknya mengupayakan penyelesaian proyek MRT tepat waktu. Soal desain kepala kereta yang dikeluhkan Soni, pihak MRT menampung masukannya.

"Februari 2019 (proyek MRT) harus tetap dipenuhi. Lalu biaya ditekan seminimal mungkin. Itu yang nanti akan kita bicarakan dengan pihak kontraktor dan produsernya. Kita akan pelajari isi kontraknya, seperti apa kewajiban yang harus dipenuhi kontraktor," ujar Wiliam.

"Mumpung dalam proses awal, kita lakukan. Jangan nanti kalau kereta sudah datang, baru publik mengatakan bukan sesuai dengan keinginannya," jelasnya.

Pihaknya juga akan mengupayakan adanya ornamen ala Betawi pada kereta MRT. "Nanti kita lihat lagi, kemarin kan Pak Gubernur instruksikan kepada kami untuk masukan ornamen itu," kata Wiliam.

William menjelaskan, sebanyak 16 unit rangkaian kereta akan digarap dan diharapkan bisa diujicoba pada pertengahan tahun 2018.

"Harus ada persetujuan pada tanggal 31 Januari 2017 soal mock up desain. Produksinya itu bulan Februari sampai dengan akhir tahun ini. 16 kereta akan diproduksi, (pada) Januari 2018 nanti bertahap keretanya akan tiba di sini. Latihan uji coba Juni 2018," terangnya.
Minta Didesain Ulang, Sumarsono: Kereta MRT Mirip Jangkrik Minta Didesain Ulang, Sumarsono: Kereta MRT Mirip Jangkrik Reviewed by Amborsius Ambarita on 1/16/2017 03:58:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.