Gantikan Teguh Muji Angkasa, Richard Tampubolon Jabat Wadanjen Kopassus

Sertijab dipimpin oleh Danjen Kopassus Mayjen Madsuni
Sertijab dipimpin oleh Danjen Kopassus Mayjen Madsuni. (kopassus.mil.id)
Beritakepo.com. Jakarta - Kolonel Inf Richard Tampubolon resmi menjabat Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Richard menggantikan Brigjen Teguh Muji Angkasa, yang kini bertugas sebagai Komandan Korem 161/Wira Sakti Kodam IX/Udayana, Bali.

Seperti diberitakan Detikcom, acara serah-terima jabatan (sertijab) dari Teguh kepada Richard dipimpin langsung oleh Danjen Kopassus Mayjen Madsuni di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, pada Sabtu (4/2/2017) kemarin. Kepada Teguh, Mayjen Madsuni memberi penghargaan dan rasa terima kasihnya.

"Kepada Brigjen Teguh Muji Angkasa, terima kasih atas segala pelaksanaan tugas dan dedikasi kepada Kopassus, bangsa dan negara, serta selamat atas jabatan baru yang telah diemban sejak Januari lalu," ujar Madsuni seperti tertulis dalam keterangan Kopassus, Senin (6/2).

Sementara itu, kepada Richard, Madsuni mengucapkan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan sebagai wakilnya. Madsuni menyebut jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan, baik kepada pimpinan, negara, institusi, rakyat, maupun kepada Tuhan.

"Oleh karenanya, setiap tugas harus dilakukan dengan dedikasi dan inovasi serta penuh dengan keikhlasan. Kiranya estafet kepemimpinan itu mampu membawa dan mengantarkan prajurit Kopassus menjadi prajurit yang kuat, efektif, efisien, dan dahsyat sesuai visi yang diemban Kopassus," pesan jenderal bintang dua itu.

Madsuni mengatakan serah-terima jabatan merupakan bagian dari mekanisme pembinaan organisasi sebagai implementasi dari proses regenerasi, sekaligus menjaga kesinambungan kepemimpinan untuk mendorong semangat pembaruan dan penyegaran pemikiran yang diproyeksikan bagi peningkatan kinerja organisasi. Sebagai pasukan khusus yang memiliki kemampuan Para Komando, Sandi Yudha, dan Penanggulangan Teror, membina kesiapan operasional Kopassus menjadi penting sehingga sewaktu-waktu pasukan siap digerakkan dengan profesional dan andal.

"Sehebat apa pun program yang dilakukan, tanpa disiplin, belajar, dan berlatih untuk meningkatkan spesialisasi kemampuan, tidak mungkin program itu akan berhasil," tutur Madsuni.

"Kunci dari itu semua adalah disiplin, dedikasi, dan loyalitas yang selama ini menjadi jati diri pelaksanaan tugas pengabdian Kopassus kepada bangsa dan negara," imbuhnya.

Untuk itu, Madsuni berharap kepada Richard sebagai Wadanjen Kopassus yang baru agar kehadirannya mampu mensinergikan kinerja fungsi staf umum Danjen Kopassus. Dengan demikian, kinerja organisasi Kopassus dari waktu ke waktu terus membawa perubahan yang semakin baik.

Sebelum menjadi Wadanjen Kopassus, Richard menjabat Danrem 023/Kawal Samudera di Sibolga. Lulusan Akmil 1992 itu juga pernah menjadi Komandan Rindam VI/Mulawarman.

Di korps baret merah sendiri, Richard pernah menjabat Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2, dan Komandan Grup 3 Kopassus. Setelah resmi dilantik, Richard nantinya akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigjen atau jenderal bintang satu.
Gantikan Teguh Muji Angkasa, Richard Tampubolon Jabat Wadanjen Kopassus Gantikan Teguh Muji Angkasa, Richard Tampubolon Jabat Wadanjen Kopassus Reviewed by Amborsius Ambarita on 2/05/2017 08:48:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.