Jokowi: RI Cuma Punya Listrik 53.000 MW Sejak 71 Tahun Merdeka

Jokowi bertemu warga Indonesia di Australia
Jokowi bertemu warga Indonesia di Australia. (Setkab)
Beritakepo.com. Sydney - Mega proyek pembangkit listrik 35 ribu MW merupakan salah satu program utama Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakilnya Jusuf Kalla (JK). Proyek prioritas tersebut lahir berdasarkan keprihatinan Jokowi karena banyak daerah yang belum teraliri listrik.

Jokowi mengatakan, selama 71 tahun Indonesia merdeka, negara ini hanya memiliki pembangkit listrik 53 ribu MW. Padahal sebagai negara kepulauan wilayah NKRI sangat luas.

"Bayangkan 53 ribu MW dalam 71 tahun," kata Jokowi di depan ribuan WNI yang berada di Sydney, Australia, Minggu (26/2/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Berangkat dari catatan itulah Jokowi mencanangkan target membangun 35 ribu MW dalam 5 tahun. Banyak pihak yang mencibir target itu terlalu ambisius, namun Jokowi tak gentar dengan cibiran tersebut.

"Ya memang kerja harus ambisius. Makanya pembangkit 35 ribu MW dalam 5 tahun banyak yang bilang enggak bisa, sulit pak. Ya kerjakan dulu, kerja kok pesimis, kerja tuh harus optimis, perkara nanti selesai atau tidak itu di akhir dilihat. Kalau enggak selesai problemnya apa, masukannya apa," imbuhnya.

Mantan Gubernur Jakarta itu juga mengatakan, jika realisasi dari target tersebut tidak mencapai target namun bisa mendekati juga sudah menjadi torehan yang positif.

"Kalau selesai 25 ribu MW pun itu sebuah pekerjaan yang luar biasa. Tapi masih bisa lah, ini masih punya waktu 2,5 tahun lebih," ucap Jokowi.

Kendati begitu dirinya ingin seluruh pihak yang terkait dalam proyek pembangunan 35 ribu MW bisa bekerja dengan serius. Sebab proyek tersebut juga bisa menjadi kado manis bagi masyarakat Indonesia yang sering mengeluhkan terbatasnya pasokan listrik.

"Jadi sekarang kesempatan ini harsu dikerjakan pagi siang malam. Kerja pagi smpai pagi. Karena setiap saya keliling ke provinsi dan kabupaten keluhannya sama masih sering byarpet," tegasnya.
Jokowi: RI Cuma Punya Listrik 53.000 MW Sejak 71 Tahun Merdeka Jokowi: RI Cuma Punya Listrik 53.000 MW Sejak 71 Tahun Merdeka Reviewed by Amborsius Ambarita on 2/26/2017 03:14:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.