Miliki Kekayaan Rp 226T, Raja Salman Bukan Orang Terkaya di Arab Saudi

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, akan berlibur ke Bali. Berbagai barang pribadinya sudah tiba di Indonesia, di antaranya adalah eskalator untuk turun dari pesawat.

Cara bepergian yang super mewah ini sudah melekat di nama para anggota Kerajaan Arab Saudi. Berapa total nilai kekayaan raja dari Timur tengah tersebut?

Seperti dikutip dari Forbes dan Detikcom, Jumat (24/2/2017), Raja Salman bukanlah yang terkaya di keluarganya. Namun Raja Salman tetap punya harta yang cukup besar, yaitu US$ 17 miliar atau sekitar Rp 226 triliun (kurs Rp 13.300/dolar AS).

Hartanya ini kebanyakan dihasilkan dari perusahaan minyak juga beberapa perusahaan finansial milik keluarga kerajaan. Selain itu, Raja Salman, juga tetap mendapatkan harta yang cukup banyak ketika dia diangkat sebagai raja menggantikan mendiang kakak tirinya, Abdullah.

Harta Abdullah sebesar US$ 18 miliar kebanyakan diwariskan ke Raja Salman. Siapa anggota Kerajaan Arab Saudi yang paling kaya? Tak lain adalah Pangeran Alwaleed bin Talal, keponakan sang raja.
Pangeran Al-Waleed bin Talal
Pangeran Al-Waleed bin Talal. (Foto: Detikcom/REUTERS/Fayez Nureldine/Pool/File Photo)
Seperti dikutip dari Forbes, pangeran paling gaul di Arab Saudi ini punya harta US$ 18,4 miliar atau sekitar Rp 244 triliun (kurs Rp 13.300/dolar AS).

Kenapa paling gaul? Al-Waleed paling getol berinvestasi di luar Arab Saudi dan di perusahaan-perusahaan terkini seperti Citigroup, Hotel Four Season, hingga Twitter.

Ia merupakan komisaris utama dari Kingdom Holding Company yang merupakan perusahaan investasi dengan portofolio dari Arab Saudi hingga Amerika Serikat (AS), dan Eropa.

Sebanyak 95% saham Kingdom Holding Company dipegang Al-Waleed, sementara 5% sisanya dijual ke publik Arab Saudi.

Pria kelahiran 7 Maret 1955 ini juga sudah jadi langganan di daftar 100 Orang Terkaya Dunia versi Forbes yang dirilis setahun sekali.

Pada 22 Mei 2016 lalu, Al-Waleed sempat datang ke Istana Bogor untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Salah satu poin penting dari pertemuan tersebut adalah Al-Waleed ingin meningkatkan investasinya di Indonesia.
Miliki Kekayaan Rp 226T, Raja Salman Bukan Orang Terkaya di Arab Saudi Miliki Kekayaan Rp 226T, Raja Salman Bukan Orang Terkaya di Arab Saudi Reviewed by Amborsius Ambarita on 2/23/2017 08:49:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.