Tanya Anies ke Warga Rusun Rawa Bebek: Gubernurnya Tetap Atau Diganti?

Anies Baswedan bertemu warga Rusun Rawa Bebek
Anies Baswedan bertemu warga Rusun Rawa Bebek. (Istimewa)
Beritakepo.com. Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melakukan aksi berbau kampanye saat mengunjungi Rusun Rawa Bebek di Cakung, Jakarta Timur, Selasa (21/2/2017). Mantan Mendikbud tersebut tiba sekitar pukul 16.40 di Blok Gelatik Rusun Rawa Bebek. Kedatangan Anies langsung disambut warga rusun.

Ia kemudian menuju selasar Blok Gelatik dan mengadakan dialog dengan warga. Saat menyampaikan sambutannya, Anies mengawalinya dengan bertanya siapa pasangan calon yang menang di rusun tersebut.

"(Nomor) tiga," jawab warga di lokasi, Selasa sore.

"Jadi, gubernurnya mau tetap apa ganti?" tanya Anies.

"Ganti," jawab warga.

Anies mengucap syukur dan berharap kepada Tuhan bahwa gubernur di Jakarta akan diganti. "Insya Allah, nanti kita ganti," ujar Anies.

Menurut Anies, ia datang ke Rusun Rawa Bebek untuk silaturahim. Anies mengaku sudah mengunjungi Bukit Duri bulan lalu.

"Sekarang saya mau dengar cerita langsung warga Rusun Rawa Bebek," ujar Anies.

Ia kemudian melakukan tanya jawab dengan beberapa warga rusun. Selanjutnya, Anies naik ke atas rusun untuk meninjau kondisi tempat tinggal warga. Anies sempat menyampaikan beberapa programnya jadi gubernur seperti KJP Plus dan rencana membiayai warga Jakarta agar bisa memiliki rumah dengan DP 0 persen.

Setelah selesai kunjungannya awak media mengonfirmasi apakah penyampaian program-programnya termasuk kampanye. Anies menepis hal tersebut. Menurut dia, ia hendak mengklarifikasi karena ada pertanyaan warga rusun bahwa jika gubernur DKI berganti maka KJP ditiadakan.

"Saya sampaikan klarifikasi karena kabarnya akan dihentikan. Mereka tanya, saya jawab," kata Anies, di lokasi, Selasa malam.

Awak media kembali bertanya bagaimana soal program rumah untuk rakyat dengan DP 0 persen yang ia sampaikan kepada warga. Anies tidak menjawab pertanyaan ini.

Ia justru mengatakan, "Kalau saya ngajak milih nah itu baru kampanye," ujar Anies.

Namun, Anies sempat menyinggung ke warga rusun apakah ingin gubernur Jakarta berganti. Anies menjelaskan itu hanya pertanyaannya ke warga.

"Boleh kan tanya, kalau tanya kan boleh aja," kata Anies. (Baca: Kepada Warga Rusun Rawa Bebek, Anies Tanya Ingin Ganti Gubernur atau Tidak)

Anies lalu menjelaskan yang termasuk kampanye ada empat kriteria. Misalnya membawa atribut atau mengajak memilih.

"Kalau tidak ada salah satunya bukan kampanye. Misalnya salah satunya bawa atribut, mengajak, saya enggak semuanya," ujar Anies.

Saat Anies selesai dialog dengan warga, terpantau sejumlah orang entah dari tim sukses atau warga, membagi-bagikan kalander tahun 2017 bergambar Anies dan Sandiaga Uno.

Pada kalender itu terdapat tulisan "Rapatkan Barisan Mendukung yang Haq dan Meluruskan yang Batil".

Di bawahnya ada foto Anies dengan sejumlah tokoh ulama. Paling bawah ada foto Anies-Sandi dengan tulisan "coblos nomor 3" dan "Santun Berpengalaman Amanah".

Kalender itu cukup banyak diberikan kepada puluhan warga. Beberapa warga juga diberikan stiker tempel pasangan Anies dan Sandi.
Tanya Anies ke Warga Rusun Rawa Bebek: Gubernurnya Tetap Atau Diganti? Tanya Anies ke Warga Rusun Rawa Bebek: Gubernurnya Tetap Atau Diganti? Reviewed by Amborsius Ambarita on 2/21/2017 05:45:00 AM Rating: 5

1 komentar:

  1. Sangat tidak mendidik sebagai mantan pendidik, apalagi bergelar prof. Sesat pertanyaannya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.