Alasan Gelar Aksi 313, FUI: Tuntut Jokowi Berhentikan dan Penjarakan Ahok

FUI saat menggelar aksi demo anti Ahok di depan gedung DPR
FUI saat menggelar aksi demo anti Ahok di depan gedung DPR. (Detikcom)
Beritakepo.com. Jakarta - Forum Umat Islam (FUI) bersama jajaran 'alumni' aksi 212 akan menggelar aksi 313 pada Jumat 31 Maret mendatang. Mereka menuntut Presiden Jokowi memberhentikan dan penjarakan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Kita mulai salat Jumat di Istiqlal, kemudian jalan ke Monas dan depan Istana," kata Sekjen FUI, Muhammad Al-Khaththath, saat dikonfirmasi, Senin (27/3/2017), dilansir Detikcom.

Tuntutannya masih sama dengan aksi sebelumnya. Yakni menuntut terdakwa kasus penistaan agama diberhentikan.

"Meminta kepada Presiden Jokowi agar sesuai Undang-undang memberhentikan terdakwa kasus penistaan agama, Basuki Tjajaha Purnama," katanya.

Khaththath menuturkan peserta aksi ini adalah organisasi peserta aksi bela Islam 2 Desember 2016 lalu. "Seluruh alumni 212 diajak, siapa tokohnya nanti diinformasikan kemudian," katanya.

Ia menuturkan aksi tersebut akan berlangsung damai dan akan berhenti setelah diterima pihak Istana. "Pokoknya kita kalau sudah diterima oleh Istana ada pembicaraan yang baik ya kita pulang," pungkasnya.

Aksi ini dimulai dengan salat Jumat di Masjid Istiqlal, kemudian mengarah ke Istana Merdeka.

"Saya selaku tokoh agama yang tergabung di FUI akan mengikuti aksi 313, yang dilaksanakan di Masjid Istiqlal dan diikuti dengan jemaah dari berbagai daerah," kata Habib Novel Bamukmin saat dimintai konfirmasi, Senin (27/3/2017).

Menurut informasi, setelah salat Jumat peserta aksi akan mengarah ke Monas dan Istana Merdeka. Mereka kemudian akan menyampaikan aspirasi di depan Istana Merdeka.

"Selesai salat Jumat, akan long march ke depan Istana. Di sana akan menyampaikan aspirasi langsung ke Istana," ujarnya.


Tuntutan aksi ini masih sama seperti aksi sebelumnya. Intinya, mereka meminta Presiden Jokowi memberhentikan Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), yang kini berstatus terdakwa kasus penistaan agama.

"Tuntutannya agar gubernur terdakwa segera dipenjarakan dan diberhentikan dari jabatannya," ujar Novel.

"Untuk massanya insyaallah seperti aksi 411," tuturnya.
Alasan Gelar Aksi 313, FUI: Tuntut Jokowi Berhentikan dan Penjarakan Ahok Alasan Gelar Aksi 313, FUI: Tuntut Jokowi Berhentikan dan Penjarakan Ahok Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/27/2017 02:52:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.