Anies Sebut Ahok Belum Terapkan "Open Governance" di DKI

Anies Baswedan tersenyum saat acara pertemuan dengan PWI
Anies Baswedan tersenyum saat acara pertemuan dengan PWI. (Kompas.com)
Beritakepo.com. Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kembali melemparkan pernyataan yang tak produktif yang bermaksud untuk menggiring opini seolah-olah rivalnya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) belum melakukan hal tersebut. Ia menuding Ahok belum mengimplementasikan sistem open governance, atau mengikutsertakan masyarakat dalam pembangunan.

"Pertanyaan tadi kenapa di Jakarta belum (diterapkan open governance), saya rasa soal kemauan (Pemprov DKI). Kalau infrastrukturnya sudah ada. Di tempat lain sudah pake lho," ujar Anies, usai menghadiri pertemuan dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Jumat (23/3/17), seperti diberitakan Kompas.com.

Menurut Anies, Jakarta selama ini hanya menerapkan sistem good governance yang dia sebut sebagai pendekatan lama.

Dia berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di Jakarta.

"Jakarta pimpinannya aktif bersosial media, tapi tidak memanfaatkan teknologi untuk pemerintahannya," ujar Anies.


Dengan open governance, Anies membayangkan ke depannya alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta hingga ke ti tingkat kelurahan akan diketahui warga. Dia berjanji akan mempermudah akses agar warga dapat mengawasi kinerja Pemprov DKI.

"Justru pemerintah (harus) terbuka. Kenapa? Lah, ini uang negara kok, uang rakyat kok," ujar Anies.

Baca juga: Ahok Sering Kunjungi Warga Sakit, Anies: Saya Sudah Dari Dulu

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anies Baswedan pikun sehingga tak mengetahui Ahok telah membuat sistem open governance di DKI seperti Qlue, transparasi anggaran, semua aktivitas rapat diunggah di Youtube dan lainnya? Jika Anies ingin menggiring opini seolah-olah Ahok belum melakukannya, apakah Anies sadar bahwa warga DKI itu melek teknologi dan bisa melakukan penilaian dari rekam jejak digital lewat Internet?
Anies Sebut Ahok Belum Terapkan "Open Governance" di DKI Anies Sebut Ahok Belum Terapkan "Open Governance" di DKI Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/24/2017 05:39:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.