Begini Cara Haikal Bobol Tiket Pesawat Online di Tiket.com

Haikal, otak pembobol tiket online Citilink
Tampang Haikal, otak pembobol tiket online Citilink
Beritakepo.com. Polisi menangkap SH alias Haikal otak pelaku pembobolan situs jual beli tiket online, tiket.com. SH diketahui sudah meretas sebanyak 4.600 situs, termasuk situs milik Polri.

"Saudara SH, berhasil membobol lebih dari 4.600 situs. Di antaranya situs milik Polri, pemerintah pusat dan daerah, situs ojek online dan beberapa situs di luar negeri," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto di kompleks Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Kamis (30/3/2017).

Sementara itu, menurut Kanit III Subdit I Dirtipidsiber Bareskrim Polri AKBP Idam Wasyadi, SH diketahui berumur 19 tahun dan merupakan seorang lulusan SMP. Dia belajar meretas situs secara otodidak melalui internet.

"Dia SH termasuk hebat lah, lulusan SMP," kata Idam di lokasi yang sama.


Penangkapan SH ini merupakan pengembangan dari penangkapan 3 orang pembobol situs jual-beli tiket pesawat online. Tiga orang itu adalah MKU (19), AI (19), dan NTM (27). Mereka berempat kenal secara online melalui jejaring sosial Facebook. SH berada di Jakarta, sedangkan 3 orang lainnya melaksanakan aksi tersebut di Balikpapan.

"SH bisa dikatakan bos mereka, mereka hanya meneruskan, SH yang membobolnya," ujarnya.

Setelah mendapatkan kode booking, para tersangka menjual kembali tiket tersebut kepada masyarakat melalui facebook.

"Tersangka AI (19) adalah orang yang mempunyai tugas untuk melakukan input data permintaan pemesanan tiket pesawat Citilink dari pihak pembeli yang selanjutnya data tersebut dimasukan ke dalam aplikasi pembelian tiket pesawat Citilink yang sudah dibuka atau disediakan oleh tersangka MKU dengan menggunakan username dan password milik pihak travel agen Tiket.com," terang Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol Fadil Imran.

MKU berperan menawarkan tiket pesawat melalui akun facebook Hairul Joe. MKU juga memiliki username dan password untuk mengakses server Citilink pada aplikasi tiket.com.

"Tersangka MKU dan Haikal inilah yang meretas server tersebut. Sedangkan tersangka Haikal ini yang melakukan login di server Citilink dengan menggunakan user name dan password milik travel agent Tiket.com dengan tujuan untuk mendapatkan kode booking tiket pesawat Citilink untuk dijual kembali," paparnya.

Sementara tersangka NTM bertugas mencari pembeli tiket melalui akun facebook Nokeyz Shosite Kashir. Data para pembeli kemudian dia serahkan kepada tersangka AI untuk diinputkan ke dalam aplikasi jual-beli tiket.

Kejahatan ini telah dilakukan para pelaku sejak Oktober 2016. Atas hal ini pihak penyedia tiket online mengalami kerugian hingga Rp 4 miliar lebih
Begini Cara Haikal Bobol Tiket Pesawat Online di Tiket.com Begini Cara Haikal Bobol Tiket Pesawat Online di Tiket.com Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/30/2017 11:31:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.