Bikin Berita yang Menghakimi Ahok, Okezone Ditegur Dewan Pers

Berita 'Ketika Terdakwa Penista Agama Salami Raja Salman di Bandara'
Berita 'Ketika Terdakwa Penista Agama Salami Raja Salman di Bandara'
Beritakepo.com. Situs Okezone.com mendapat teguran dari dewan pers karena menulis berita yang menyudutkan cagub petahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Hal ini diketahui dari kicauan seorang netizen @ulinyusron beserta foto surat teguran tersebut yang diunggah pada 17 Maret 2017.

Foto yang menampilkan surat dengan kop Dewan Pers tanggal 13 Maret 2017 ditandatangi oleh Yosep Adi Prasetyo lengkap dengan capnya. Mengenai berita yang menjadi masalah adalah berita dengan judul “Ketika Terdakwa Penista Salami Raja Salman di Bandara” yang dipublikasi pada 1 Maret 2107. Judul berita tersebut telah dikoreksi oleh pihak Okezone dengan mengganti judulnya menjadi “Tiba di Bandara, Ahok Salami Raja Salman” dengan isi berita yang masih sama.

Judul semula dengan tulisan “Ketika Terdakwa Penista Salami Raja Salman di Bandara” dinilai oleh Dewan Pers telah melanggar pasal 3 Kode Etik Jurnalistik (KEJ) karena berita tersebut mengandung opini yang menghakimi dan melanggar asas praduga tak bersalah dan pasal 8 KEJ karena bermuatan SARA. Berita ini dituding menggiring opini menyerang Ahok apalagi pemilik Okezone adalah Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo yang telah mendeklarasikan dukungan terhadap rival Ahok-Djarot di Pilgub DKI 2017 putaran kedua yakni Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Meski Okezone telah mengubah judulnya namun jejak digitalnya masih ada diberbagai web lainnya seperti Forum Kaskus dan situs berita lainnya seperti skaana yang masih memuat judul lama dari Okezone. Jejak digital berita ini juga masih bisa diakses di web.archive.org.

Sementara isi berita-nya cukup bagus, yaitu membahas peristiwa menarik saat Raja Salman mengunjungi Indonesia dan bersalaman dengan Ahok saat baru tiba di bandara Halim Perdanakusuma.

Dewan Pers Mengapresiasi okezone,com yang segera mengkoreksi berita tersebut pada hari yang sama berjudul “Tiba di Bandara, Ahok Salami Raja Salman” yang diunggah pada 1 Maret 2017. Namun demikian, Dewan Pers meminta okezone.com untuk memuat permintaan maaf kepada masyarakat terkait pemberitaan tersebut.

Hingga kini pihak Okezone belum memuat pemberitaan permintaan maaf soal berita ini. Malah, Okezone seolah-olah tak merasa bersalah dengan membuat berita mengenai pengamat yang mempertanyakan keputusan Dewan Pers tersebut, seperti yang dimuat di berita ini. Berita tersebut bahkan menggiring opini Dewan Pers kembali ke zaman ketika kebebasan pers dikekang oleh penguasa.
Bikin Berita yang Menghakimi Ahok, Okezone Ditegur Dewan Pers Bikin Berita yang Menghakimi Ahok, Okezone Ditegur Dewan Pers Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/18/2017 08:31:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.