Disindir Joko Anwar "Bus wedan Anies", Ini Balasan Anies Baswedan

Anies Baswedan membalas sindiran Joko Anwar
Anies Baswedan membalas sindiran Joko Anwar
Beritakepo.com. Calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merespons pelesetan dari sutradara, Joko Anwar (@JokoAnwar), Selasa (7/3). Kicau "Bus Wedan" dikirim Joko pada 19 Februari 2017 terkait sindiran atas program rumah dengan DP 0 persen, yang jadi salah satu program andalan Anies dalam kampanye Pilkada DKI 2017.

Seperti diberitakan Beritatagar.id, Joko membelokkan "DP 0 persen" ke perkara bus demi membuat pelesetan nama Anies--sebagai sindiran.
Bagi sebagian pengguna Twitter kicauan itu mungkin lucu adanya. Tercatat ada 380-an akun yang me-retweet kicauan itu--bisa dilihat sebagai pertanda dukungan.

Pun kelakar itu bukan satu-satunya kicauan pelesetan nama Anies. Ada pula pelesetan yang menggunakan kata "Bus Edan". Di sisi lain, beberapa pengguna Twitter tak sepakat dengan candaan itu.

Beberapa akun mengingatkan bahwa pelesetan macam itu tak sekadar menyasar Anies. Pelesetan itu juga dianggap melecehkan keluarga Anies (marga), teristimewa kakeknya, Abdurrahman Baswedan alias AR Baswedan.

Bagaimanapun, AR Baswedan dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia. Ia adalah pendiri Partai Arab Indonesia(PAI), alat politik warga keturunan Arab (persisnya Hadramaut) semasa perjuangan kemerdekaan yang punya semangat ke-Indonesia-an.

Setelah kemerdekaan, AR Baswedan pernah pula menjabat sebagai Wakil Menteri Muda Penerangan RI (Oktober 1946-Juli 1947). Menimbang latar belakang itu, sejumlah pengguna Twitter balik mencela Joko.

Walaupun telat, Anies menanggapi cuitan sang sutradara tersebut. Respons itu termuat dalam satu seri Anies Baca Tweet Jahat--video kampanye yang dibuat guna menjawab sindiran terhadap Anies. Dalam video tersebut, Anies tampil bersama career coach, Rene Suhardono (@ReneCC).

Rene memulai percakapan dengan membacakan kicauan Joko kepada Anies. "Bus apa yang DP-nya 0 persen? Bus wedan Anies."
Demi mendengar pelesetan itu, sepintas Anies terlihat mengernyit. Namun ia sudah siapkan balasan. "Nih aku juga punya!" katanya. "Bus apa yang menolak reklamasi?"

Jawabannya: "Bus Susi Pudjiastuti".

Anies dan Rene serempak tertawa. Lantas, muncul meme populer bergambar Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Meme itu dilengkapi teks, "Kamu Becandain nama keluarga lagi... Saya tenggelamkan".

Video itu lekas menyebar di media sosial. Rabu (8/2), di Twitter, kicauan Anies yang memuat rekaman tersebut sudah melebihi angka 2.200 retweet. Pun video itu telah dilihat lebih dari 127 ribu kali di Facebook
Disindir Joko Anwar "Bus wedan Anies", Ini Balasan Anies Baswedan Disindir Joko Anwar "Bus wedan Anies", Ini Balasan Anies Baswedan Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/07/2017 10:12:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.