Ditanya Telat Datang ke Rapat Pleno KPU, Anies Baswedan Marah

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menghadiri rapat pleno KPU DKI
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menghadiri rapat pleno KPU DKI. (Kompascom)
Beritakepo.com. Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat menuding pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno telat datang ke acara rapat pleno penetapan pasangan cagub-cawagub untuk Pilkada DKI putaran kedua yang berlangsung di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3/2017) malam.

Pasangan Ahok-Djarot memutuskan untuk meninggalkan acara karena melenceng dari jadwal. Pasangan nomor urut dua ini keluar dari ruangan setelah satu jam menunggu dimulainya acara.

(Baca: Rapat Molor, KPU Akui Keliru dan Minta Maaf ke Ahok-Djarot )

Saat konferensi pers seusai meninggalkan ruang acara rapat pleno, Djarot mengatakan Komisi Pemilihan Umum (KPK) seharusnya komitmen terhadap jadwal dan memberlakukan aturan untuk tak menunggu pihak yang tak datang tepat waktu.

"Harusnya KPU memberlakukan suatu aturan yang equal, yang sama. Ketika aturan itu jam 19.00, paling lambat jam 19.15 harusnya sudah dimulai. Ada atau tidak ada, datang atau tidak datang salah satu pasangan calon," kata Djarot.

Berdasarkan undangan yang disampaikan KPU DKI, rapat pleno dimulai sekitar pukul 19.30 WIB. Namun sampai sekitar pukul 20.00, tak ada tanda-tanda acara akan segera dimulai.

Saat pukul 20.00, Djarot mengaku melihat Anies-Sandi maupun para komisioner KPU DKI masih makan malam di ruang tunggu.

"Kami sudah datang jam 19.00. Tapi kita lihat mereka masih makan-makan dan belum dimulai," ujar Djarot.

Sementara seperti diberitakan Kompas.com, Anies dan Sandi datang bersamaan. Sebelum masuk ke ruang acara, keduanya sempat meladeni sesi wawancara dengan para wartawan. Menurut Sandi, saat masuk ke ruang acara, baik dirinya maupun Anies langsung diminta komisioner untuk masuk terlebih dahulu ke ruang tunggu sambil menyantap makan malam.

"Kita di ruang tunggu menunggu panggilan. Tadi karena disuruh tunggu dan ditawarkan makan, ya sudah. Teman-teman dari KPU DKI juga dipersilakan untuk makan. Pas sudah dapat panggilan kami masuk ke ruang acara," kata Sandi.

Lalu apa tanggapan Anies Baswedan? Saat dikonfirmasi soal kabar terlambatnya mereka ke acara tersebut, Anies malah marah kepada reporter wanita Kompas TV yang melakukan konfirmasi kepada dirinya.

“Menurut saya Kompas TV harus lebih objektif. Kompas TV tidak fair tadi mengabarkan bahwa Anies-Sandi terlambat, saya katakan itu tidak benar,” jawab Anies

Lalu dikejar pertanyaan berikutnya oleh reporter tersebut, “Bapak datang jam berapa konfirmasinya?”

Anies menjawab dengan marah, “Jadi anda ngga boleh seperti itu. Jangan dong. Sebagai media yang berusia panjang, kompas harus bisa objektif”. Sang Reporter masih mengejar karena dia masih belum mendapat jawaban atas pertanyaan. Dan apa yang Anies bilang? KIta bisa menebaknya. Anies bilang, “Kami datang sebelum 19:30. Kemudian diatur oleh KPU. Jangan menggiring opini. Kita didalam ruang tunggu diarahkan oleh KPU. Alhamdulillah kita mengikuti semuanya dengan tertib dan baik”.

Si reporter kemudian mengutip ucapan Anies, “Berarti jam 19:30 Pak Anies dan Pak Sandi sudah ada di ruang VIP. itu firmnya”

“Oh ya bahkan kita datang semua media ada kok. Jadi menurut saya ngga usah diplintir-plintir dah. Kompas ngga usah ikut-ikut mlintir,” jawab Anies dengan nada marah.

Anies lalu mengalihkan topik soal keterlambatan ini.

“… Dan kami melihat persentase itu lebih dari sekedar angka. Ini soal kepercayaan. Kami merasa terhormat dengan kepercayaan yang ada dan kami yakin keinginan warga Jakarta mayoritas adalah ganti Gubernur. Itulah keinginan warga Jakarta mayoritas. Kalau anda lihat kemaren angkanya maunya ganti Gubernur…. Kita akan berjuang untuk memenuhi harapan warga Jakarta.”

Berikut videonya.

Ditanya Telat Datang ke Rapat Pleno KPU, Anies Baswedan Marah Ditanya Telat Datang ke Rapat Pleno KPU, Anies Baswedan Marah Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/05/2017 08:01:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.