Ini Alasan Rini Soemarno Tunjuk Elia Massa Manik Jadi Dirut Pertamina

Elia Massa Manik resmi jadi Dirut Pertamina
Elia Massa Manik resmi jadi Dirut Pertamina. (Kompas.com)
Beritakepo.com. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina (Persero) hari ini memutuskan untuk mengangkat Elia Massa Manik menjadi Direktur Utama. Keputusan tersebut diambil oleh pemerintah sebagai pemegang saham.

Padahal pada saat pencopotan Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang, para Dewan Komisaris diusulkan untuk mencari sosok yang akan direkomendasikan kepada pemerintah lewat Menteri BUMN, Rini Soemarno. Dewan Komisaris Pertamina pun mengusulkan salah satu direksi untuk mengisi kekosongan pucuk pimpinan Pertamina, namun usulan itu ternyata ditolak. "Dewan Komisaris itu hanya bisa mengusulkan dari anggota direksi yang ada di Pertamina. Kita tidak bisa usulkan di luar Pertamina. Nah, pemegang saham kan punya perspektif. Karena mereka punya 140 BUMN. Itu kelebihannya Menteri BUMN bisa melihat, dari apa yang diusulkan Dewan Komisaris ada yang lebih cocok. Bukan lebih baik loh, tapi lebih cocok. Inilah yang keluar dari pengamatan dan pemilihan pemegang saham," kata Komisaris Utama Pertamina Tanri Abeng di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3/2017), dilansir Detikcom.

Sayangnya Tanri enggan menyebutkan siapa yang diusulkan oleh Dewan Komisaris. Kendati begitu dia mengaku puas dengan pilihan pemerintah. Menurutnya Elia memiliki karakter yang tepat dan dibutuhkan untuk memimpin Pertamina. Sehingga dirinya yakin, Elia bisa membawa Pertamina menjadi BUMN yang lebih baik.

"Kalau kamai melihat track record-nya dan apa yang disampaikan, menurut saya sudah sangat tepat. Katakanlah karakter, skill dan kepemimpinan beliau untuk Pertamina. Jadi komunikatif, desicive dan integritasnya tidak dipertanyakan. Saya melihat ada sama beliau," katanya.

Sementara, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, penujukkan Elia didasarkan pada rekam jejak kinerja, kepemimpinan, pengalaman, dan kapabilitas yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan perseroan.

"Penunjukan Bapak Elia Massa Manik lebih ditekankan pada seleksi yang dilakukan oleh Ibu Menteri BUMN dan beberapa menteri terkait dengan leadership beliau dan kapabilitas yang bersangkutan bersangkutan dalam hal membangun perusahaan," ujar Gatot di tempat yang sama secara terpisah.

Gatot menuturkan, penilaian kinerja selama menjabat Direktur Utama PT Pekerbunan Nusantara III (Persero) menjadikan dasar kuat untuk dijadikan Dirut Pertamina. Selama menjabat, kata dia, Elia melakukan pembenahan dari aspek operasional, finansial, teknologi hingga sumber daya manusia (SDM).

Baca juga: Mengenal Elia Massa Manik, Dirut Baru Pertamina

Selain itu, Elia juga pernah membantu membangun Risk Culture Awareness atau kesadaran membangun budaya dan menrestrukturasi pinjaman Bank BNI saat dirinya menjabat sebagai Senior Vice President Bank BNI.

Tidak hanya itu, Elia juga berhasil merestrukturisasi perusahan jasa minyak dan gas (migas) PT Elnusa Tbk. Hal ini dilakukannya saat menjabat sebagai Presiden dan CEO Elnusa.

Atas pencapaian itulah yang menjadi dasar kuat penunjukkan Elia Massa Manik menjadi Dirut Pertamina. Gatot pun berharap, dengan adanya Dirut baru semakin memperkuat Pertamina dalam menjalakan peran strategis di sektor energi nasional.

"Terutama dalam pencapaian target kinerja yang telah dicanangkan dan program-program utama, antara lain BBM Satu Harga dan Rencana Proyek Investasi Kilang dan pengembangan hulu yang bernilai puluhan miliar dolar dalam beberapa tahun ke depan," imbuhnya.
Ini Alasan Rini Soemarno Tunjuk Elia Massa Manik Jadi Dirut Pertamina Ini Alasan Rini Soemarno Tunjuk Elia Massa Manik Jadi Dirut Pertamina Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/16/2017 12:09:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.