Ini Beda Pelajaran Kepemimpinan Soeharto bagi Anies dan Ahok

Ahok dan Anies berdebat di Mata Najwa
Ahok dan Anies berdebat di Mata Najwa
Beritakepo.com. Anies Baswedan menghadiri acara Haul Presiden ke-2 RI Soeharto di Masjid At-Tien, Jakarta Timur. Kehadiran cagub nomor urut tiga tersebut menuai kritik. Pasalnya, Soeharto dikenal sebagai pemimpin otoriter.

Menurut Anies, kehadirannya untuk mengambil pelajaran kepemimpinan dari Soeharto. "Dari Bung Karno kita belajar retorika, bagaimana menyakinkan warga membangun negara. Dari Presiden Soeharto, belajar jadi figur yang stabil, bukan yang labil termasuk dari mereka yang makar dan tidak makar dirangkul semua oleh pak Soeharto," ujar Anies dalam debat final Pilgub DKI Jakarta putaran kedua dalam acara Mata Najwa, Senin 27 Maret 2017 saat ditanya Najwa Shihab soal pelajaran dari kempimpinan Soeharto untuk kebijakan sebagai gubernur DKI Jakarta.

Pertanyaan ini juga digunakan Anies dengan menyerang gaya komunikasi Ahok yang selama ini dipersepsikan cenderung emosional. Menurut Anies, Soeharto adalah pemimpin yang tidak mudah emosi. Merangkul banyak ahli. Menurut dia, pelajaran kepemimpinan dari Soeharto itulah yang dibutuhkan warga untuk memimpin Jakarta saat ini.

"Saya kira Jakarta butuh pemipin yang stabil, bukan pemimpin yang tidak stabil. Dijawab dengan tenang, bukan justru jadi pemantik masalah, tapi menguraikan masalah," kata dia sambil menyindir Ahok.


Sementara Gubernur petahana DKI Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama lebih fokus kepada penerapan pelajaran kepemimpinan Soeharto untuk pelaksanaan pemerintahan di Pemprov DKI. Ia tak mau menjawab sindiran Anies soal menjadi pemimpin pemantik masalah. Ia menilai kepemimpinan Soeharto yang dapat dicontoh perihal menstabilkan harga sembako.

"Kalau saya pelajaran kepemimpinan dari pak Harto adalah menjaga kestabilan sembako. Contoh ketika pak Harto mendengar akan ada kenaikan beras. Pak Harto melalui pak Wiranto meminta Hercules untuk mengirim beras ke Bulog. Sehingga kenaikan harga beras tak terjadi," timpal Ahok.

Baca juga: Disebut Anies Ingin Memecatnya, Ini Jawaban Ahok
Ini Beda Pelajaran Kepemimpinan Soeharto bagi Anies dan Ahok Ini Beda Pelajaran Kepemimpinan Soeharto bagi Anies dan Ahok Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/27/2017 09:46:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.