Ini Motif Briptu Bisma Mahesa Tembak Mahasiswa di Jember

Kondisi saat Dedi ditembak kepalanya
Kondisi saat Dedi ditembak kepalanya. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jember - Seorang anggota Polri bernama Briptu Bisma Mahesa atau BM ditangkap karena diduga menembak Dedi, seorang mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember tepat di wajahnya. Polisi menegaskan penembakan itu secara spontan.

"Tidak direncanakan, bukan perencanaan. Nanti kronologinya sesuai dengan TKP yang sudah kita lakukan pemeriksaan dan pemeriksaan saksi-saksi," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera kepada wartawan di Mapolres Jember, Senin (13/3/2017), dilansir Detikcom.

Dari pemeriksaan diambil kesimpulan sementara motifnya adalah kesalahpahaman antara pelaku dengan korban setelah terjadinya kebut-kebutan.

"Motif kesalahpahaman, yang mengakibatkan emosi anak muda yang masih labil sehingga terjadi penembakan itu," kata Frans Barung Mangera.

Proyektil (anak peluru) yang menembus wajah hingga bersarang di kepala Dedi, dilepaskan dari senjata jenis revolver. Senjata itu milik Briptu BM, anggota polisi dari Brimob Polda Jatim. BM kini telah diamankan di Mapolres Jember.
Briptu Bisma Mahesa
Briptu Bisma Mahesa. (Istimewa)
"Senjatanya jenis revolver," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machmud Arifin dalam keterangan pers di Mapolres Jember, Senin (13/3/2017).

Meski lepas dinas, senjata itu tetap dibawa BM dalam perjalanan pulang ke Jember. "Kan masih berada area wilayah Polda Jatim. Jadi senjata itu masih dibawa ketika dia pulang ke Jember," kata Machfud.

Sesampainya di kawasan Jl, Raya Sultan Agung, Jember, kondisi jalan macet. Termasuk mobil Honda Jazz (bukan Suzuki Swift seperti diberitakan sebelumnya-red) yang ditumpangi BM bersama tiga rekannya.

Baca juga: Ini Tampang Briptu Bisma Mahesa, Penembak Mahasiswa Unmuh Jember

Saat itulah terjadi hampir serempetan antara mobil Honda Jazz dengan motor Suzuki Smash yang dikendarai Rama Adi berboncengan dengan Dedi.

Saling balapan jalan inilah yang memicu percekcokan. Mobil akhirnya dihentikan tepat di depan pertokoan Hardy's Jember Plaza. Rama dan Dedi turun dari motor. Mereka kemudian terlibat pergumulan dengan penumpang mobil Honda Jazz, termasuk Briptu BM.

"Saat itulah terjadi pergumulan dan tiba – tiba terdengar letusan. Ternyata mengenai wajah korban," kata Machfud.

Baca juga: Ini Motif Briptu Bisma Mahesa Tembak Mahasiswa di Jember

Dedi tewas dengan luka tembak di wajah hingga proyektil bersarang di kepala. Proyektil telah berhasil dikeluarkan dari kepala mahasiswa Unmuh itu dan dibawa ke Laboratorium Forensik Polda Jatim. Sedangkan jenazah Dedi kini sudah dimakamkan di kampung halamannya di Bima, Nusa Tenggara Barat.
Ini Motif Briptu Bisma Mahesa Tembak Mahasiswa di Jember Ini Motif Briptu Bisma Mahesa Tembak Mahasiswa di Jember Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/13/2017 01:28:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.