Kakak Angkat Ahok Akan Jadi Saksi Meringankan di Sidang Hari Ini

Andi Analta Amir, kakak angkat Ahok
Andi Analta Amir, kakak angkat Ahok. (Kompas.com)
Beritakepo.com. Jakarta - Sidang dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) akan dilanjutkan dengan mendengarkan saksi-saksi yang dihadirkan tim kuasa hukum. Rencananya akan ada 3 saksi fakta yang dihadirkan kali ini.

"Sidang besok (hari ini) awal menentukan membuktikan Ahok tidak melakukan penodaan agama," kata salah satu kuasa hukum Ahok, Humphrey Djemat, saat dikonfirmasi, Senin (6/3/2017), dilansir Detikcom.

Ketiga saksi tersebut adalah Bambang Waluyo Djodjohadikoesoemo, Andi Analta Amier, dan Eko Cahyono. Humphrey menyebut ketiganya sudah siap bertempur di pengadilan.

"Persiapannya sangat matang saksi-saksi sudah siap bertempur di pengadilan," ujar Humphrey.

Bambang Waluyo merupakan Wakil Ketua Tim Pemenangan Ahok-Djarot di Pilkada DKI 2017 dan merupakan politisi Golkar. Sementara Analta Amier merupakan kakak angkat Ahok dan Eko adalah Wakil Rektor Universitas Darma Persada Jakarta.

"Saya belum tahu siapa yang pertama bersaksi, urutannya bagaimana, itu bergantung kepada hakim," kata salah satu pengacara Ahok, I Wayan Sidarta, seperti diberitakan kumparan.

Wayan menyebut saksi yang akan dihadirkan oleh pihaknya akan berbeda dengan saksi yang dihadirkan penuntut umum. Menurut dia, saksi dari penuntut umum tidak bisa disebut sebagai saksi fakta.

"Sedangkan saksi dari kami, akan menceritakan apa adanya," kata dia.

Ahok didakwa telah melakukan penistaan agama berupa penghinaan terhadap Al-Qur'an serta ulama. Penghinaan itu terkait dengan pernyataan Ahok yang menyinggung soal surat Al-Maidah ayat 51. Dia dijerat dengan Pasal 156a atau Pasal 156 KUHP. Ancaman pidana yang diatur dalam pasal itu maksimal 5 tahun penjara.
Kakak Angkat Ahok Akan Jadi Saksi Meringankan di Sidang Hari Ini Kakak Angkat Ahok Akan Jadi Saksi Meringankan di Sidang Hari Ini Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/06/2017 05:59:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.