Kampanye Putaran II, KPU DKI: Ahok Harus Cuti Sampai 15 April

Ahok harus cuti untuk kampanye putaran kedua
Ahok harus cuti untuk kampanye putaran kedua. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Kampanye dalam rangka Pilkada DKI Jakarta putaran kedua segera dilakukan. Salah satu calon gubernur yaitu Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diharuskan cuti dari jabatannya.

"Iya (Ahok harus cuti) kalau menurut ketentuan perundang-undangan, UU nomor 10 (UU 10/2016). Kampanye mengharuskan petahana untuk cuti. Kita kembalikan lagi kepada Undang-undang saja," ujar Komisioner KPU DKI Dahliah Umar, Sabtu (4/3/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Masa kampanye itu dijadwalkan 3 hari setelah penetapan pasangan calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) untuk putaran kedua. Penetapan itu sendiri dilakukan hari ini.

"(Kampanye) 3 hari setelahnya sampai 3 hari sebelum pemungutan, sampai 15 April," ucap Dahliah.

Model kampenye tidak berbeda dengan putaran pertama. Namun, KPU DKI akan melakukan pendataan ulang Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Komisioner KPU DKI Dahliah Umar
Komisioner KPU DKI Dahliah Umar. (Detikcom)
"Masalah daftar pemilih, meski tidak ada dalam peraturan KPU, karena kebutuhan penataan DPT penting, kami ingin menambahkan pendaftaran pemilih, perbaikan DPT. Akan segera ditentukan dalam waktu dekat. Itu kami lakukan pendaftaran pemilih kita atur supaya mereka yang punya hak pilih bisa diakomodir di putaran ke dua," jelas Dahliah.

Ahok sendiri mengatakan dia akan mengikuti apa yang menjadi ketetapan dari KPU DKI.

"Kalau saya dari dulu ikut saja lah. Kalau sekarang saya nggak ada masalah," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (3/3/2017).

Menurut Ahok, pada putaran pertama Pilgub DKI lalu dia ngotot tidak mau cuti kampanye karena saat itu sedang ada pembahasan anggaran APBD DKI 2017. Itu lah yang mendasarinya mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kalau tahun lalu, saya masalah karena membahas angggaran (APBD 2017)," ujar Ahok.

Namun sekarang tampaknya Ahok sedikit melunak, dia menyebut sudah siap bila harus cuti kembali selama 1,5 bulan. Ahok mengaku dirinya bukan pasrah soal cuti kampanye, melainkan karena memang aturan yang mengharuskannya cuti.

"Kalau sekarang, suruh saya kerja, saya hobi kerja kok. Mau cuti juga oke saja, bebas aja. Bukan pasrah, memang peraturan kok," tutur Ahok.
Kampanye Putaran II, KPU DKI: Ahok Harus Cuti Sampai 15 April Kampanye Putaran II, KPU DKI: Ahok Harus Cuti Sampai 15 April Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/03/2017 04:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.