Kronologi Massa Driver Ojek Online Bentrok dengan Sopir Angkot di Tangerang

Driver ojek online sweeping angkot di Tangerang
Driver ojek online sweeping angkot di Tangerang. (Detikcom)
Beritakepo.com. Rabu (8/3/2017), massa driver online melakukan sweeping terhadap angkot yang berlokasi di wilayah Tangerang. Mereka berkonvoi di beberapa ruas jalan dan merusak angkot yang parkir.

Seperti diberitakan Detikcom, sebelum melakukan sweeping, massa ojek online telah mendatangi Polres Metro Tangerang untuk melaporkan kekerasan yang diterima rekan-rekan mereka. Mereka menyebut para sopir angkot memukuli pengemudi ojek online di beberapa lokasi.

Mengapa bentrokan ini terjadi? Berikut kronologinya.

Sehari sebelumnya, para sopir angkot di Tangerang melakukan aksi demo menolak kehadiran ojek online di kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jl Satria Sudirman. Para pengemudi angkot ini sudah mulai berdatangan sejak pukul 09.00 WIB. Mereka tiba menggunakan angkot masing-masing.

Kendaraan para pendemo itu juga hampir memenuhi seluruh jalan masuk menuju gedung Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dari arah Jl TMP Taruna. Sebagian mereka berteriak-teriak sambil menaiki atap angkot yang parkir.

Para pengemudi angkot ini berasal dari 20 trayek berbeda. Jumlahnya diperkirakan mencapai 1.000 angkot. Para pendemo juga mencegat dan mengambil helm driver ojek online yang melintas.

Peristiwa itu terjadi di Jl Satria Sudirman, Tangerang, pada Rabu (8/3/2017) sekitar pukul 10.20 WIB. Saat itu seorang pengemudi ojek online sedang membaca penumpang dan melintas di lokasi demo.

Sontak para pendemo langsung meneriaki dan mengejar ojek online tersebut. Penumpang yang sedang membonceng diminta turun, lalu helmnya diambil. Kemudian pengendara ojek online juga disuruh meninggalkan lokasi.

Saat itu salah seorang pendemo membanting helm, yang sebelumnya digunakan penumpang, ke aspal jalan. Helm itu pun hancur berkeping-keping. Beruntung, pengemudi ojek online dan penumpangnya selamat dari tindak kekerasan. Saat massa pendemo mengejar, polisi juga langsung bergerak memberikan penjagaan.
Sopir angkot mencegat driver ojek online di Semarang
Sopir angkot mencegat driver ojek online di Semarang. (Istimewa)
Namun kejadian kekerasan yang dialami driver ojek online juga terjadi di lokasi lain. Akibatnya, aksi balas dendam terjadi keesokan harinya. Salah satunya terjadi di depan pompa bensin Jalan Imam Bonjol, Karawaci, Tangerang, Rabu (8/3/2017). Para pengemudi ojek online merusak sebuah angkot.

Hampir semua bagian kaca angkot pecah akibat dipukul dan dihantam dengan benda keras oleh pengemudi ojek online.

Selain itu, mereka melakukan sweeping terhadap sesama driver ojek online. Mereka memaksa driver lain menurunkan penumpang dan ikut dalam sweeping.

Hingga pukul 18.00 WIB, ratusan pengemudi ojek online masih berkonvoi di ruas jalan utama Kota Tangerang.

Polisi melakukan langkah antisipasi untuk mencegah kericuhan antara driver ojek online dengan supir angkot di Kota Tangerang. Sejumlah personel sudah disiagakan di Polres Metro Tangerang, Jl Daan Mogot, Tangerang.

"Ya, kami sudah menduga akan terjadi ricuh seperti ini. Kami juga sudah antisipasi, ada 100 Brimob yang standby di Polrestro Tangerang Kota untuk membantu kami," ujar Kabag Ops Polres Metro Tangerang AKBP Budi Asrul Kurniawan, Rabu (8/3/2017).

Polisi akan memediasi sopir angkot dengan driver ojek online di Tangerang. Kedua belah pihak diminta menenangkan situasi setelah terjadi bentrok di beberapa titik.

"Yang jelas sore ini kita akan mediasi kedua belah pihak, mendinginkan situasi di kota Tangerang. Saya bilang cooling down dulu. Organda mau kita panggil sore atau malam ini," kata Kapolres Metro Tangerang Kombes Harry Kurniawan.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah pun ikut turun tangan meredam situasi.

Arief menemui massa ojek online yang berkumpul di alun-alun Kota Tangerang, Jl Ahmad Yani, Tangerang. Dia meminta agar tak ada yang terprovokasi dan main hakim sendiri.

"Sekarang saya sudah kirim petugas suapaya masyarakat juga tenang. Kita mau masyarakat kondusif tapi tidak bisa main hakim sendiri. Jangan terprovokasi, kalau ada oknum lapor ke polisi," kata Arief, Rabu.
Kronologi Massa Driver Ojek Online Bentrok dengan Sopir Angkot di Tangerang Kronologi Massa Driver Ojek Online Bentrok dengan Sopir Angkot di Tangerang Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/08/2017 06:46:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.