Mendagri Kembali Tetapkan Sumarsono Jadi Plt Gubernur DKI?

Sumarsono dan Ahok
Sumarsono dan Ahok. (Tribunnews)
Anekainfounik.net. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan akan menetapkan dan melantik pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta pengganti Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pada sore nanti di Balai Kota. Ahok diketahui akan kembali cuti untuk persiapan Pilgub DKI putaran kedua.

"Kemungkinan nanti sore jam 17.00 WIB di Balai Kota," ujar Tjahjo seusai menjadi inspektur upacara di Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, seperti dilansir Antara, Senin (6/3).

Sebelumnya Sumarsono memang menjabat sebagai Plt pada kampanye putaran pertama 28 Oktober 2016 - 11 Februari 2017. Tjahjo mengaku belum menandatangani kurat keputusan pengangkatan Plt. Sebab, selain Sumarsono, masih terdapat nama lain yang dipertimbangkan.

"Masih ada beberapa nama," ujarnya.

Tjahjo mengatakan penetapan Plt Gubernur DKI dilakukan setelah sebelumnya Kementerian Dalam Negeri melakukan kroscek ke KPU DKI Jakarta dan KPU Pusat mengenai kepastian pemberlakuan kampanye pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Setelah memastikan KPU memberlakukan kampanye putaran kedua Pilkada DKI Jakarta, Kemendagri lantas mengacu kepada undang-undang bahwa calon kepala daerah petahana harus melakukan cuti.

Kementerian Dalam Negeri pun telah menyiapkan sejumlah nama yang akan ditetapkan sebagai Plt Gubernur DKI Jakarta. Hingga Senin pagi, Tjahjo mengaku belum meneken surat penetapan Plt itu.

Namun dia menyatakan Plt yang nantinya ditunjuk akan disampaikan dan dilantik di Balai Kota Senin sore. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan Plt Gubernur DKI putaran pertama yakni Soni Sumarsono kembali menjabat Plt pada pilkada putaran kedua ini.

"Nanti sore bisa saya, bisa juga Sekjen Kemendagri yang menyerahkan Plt ke Balai Kota," beber Tjahjo.
Mendagri Kembali Tetapkan Sumarsono Jadi Plt Gubernur DKI? Mendagri Kembali Tetapkan Sumarsono Jadi Plt Gubernur DKI? Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/05/2017 07:45:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.