Mengenal Elia Massa Manik, Dirut Baru Pertamina

Elia Massa Manik, Dirut baru Pertamina
Elia Massa Manik, Dirut baru Pertamina. (Kementerian BUMN)
Beritakepo.com. Jakarta - Elia Massa Manik terpilih menjadi Direktur Utama Pertamina menyingkirkan sejumlah nama lain yang santer dicalonkan menduduki posisi nomor satu di perusahaan migas pelat merah tersebut.

Keputusan penunjukkan Elia ini diambil secara resmi dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Pertamina yang digelar hari ini di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hari ini, Kamis (16/3/2017).

Siapa sebenarnya Elia Massa Manik?

Seperti diberitakan DetikFinance, Elia Massa Manik sebelumnya menjabat sebagai pemimpin perusahaan perkebunan BUMN, PT Perkebunan Nusantara III (persero) sejak 2016 yang juga merupakan holding BUMN perkebunan.

Pengalaman Elia tergolong luas. Sebelumnya, pria kelahiran Kabanjahe Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini sudah malang melintang di berbagai sektor industri.

Ia memulai karir dari PT Indofood Sukses Makmur (INDF). Karirnya berlanjut di Suez Group hingga 2001. Dalam catatannya, ia juga pernah bergabung dengan PT Kiani Kertas, sebelum kemudian bergabung dengan PT Jababeka.

PTPN III bukan satu-satunya perusahaan di perusahaan pelat merah yang pernah dipimpinnya. Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan ASEAN Institute Of Management Filipina, Elia Massa Manik pernah beberapa kali menduduki jabatan penting perusahaan milik negara.

Ia pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT Elnusa, anak usaha PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang jasa mingas. Di Elnusa, ia bergabung sejak Juli 2011 hingga 2014 sebelum akhirnya bergabung dengan PTPN III pada April 2016.

PTPN III yang merupakan holding BUMN di sektor perkebunan, Elisa punya tugas mengkoordinasikan 14 perusahaan perkebunan negara di bawahnya dengan jumlah pegawai sebanyak 139.000.

Selama menjabat, Elia Massa Manik dianggap sukses menjalankan restrukturisasi dengan memangkas jumlah direksi PTPN menjadi maksimal hanya tiga orang, yang sebelumnya, satu perusahaan PTPN dapat mempunyai empat sampai lima direktur.
Mengenal Elia Massa Manik, Dirut Baru Pertamina Mengenal Elia Massa Manik, Dirut Baru Pertamina Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/15/2017 11:42:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.