Muhammadiyah Minta Zakir Naik Tak Ceramah Kontroversial di RI

Zakir Naik menggelar ceramah di Indonesia
Zakir Naik menggelar ceramah di Indonesia. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Ulama kondang asal India, Zakir Naik, akan melakukan tur dakwah di 6 kota di Indonesia. Muhammadiyah menyambut kedatangan Zakir, namun meminta ceramah sang ulama disesuaikan dengan kondisi Islam di Indonesia sehingga tak menimbulkan kontroversi di Tanah Air.

"Dr Zakir Naik memang selama ini dianggap sebagai seorang intelektual yang sangat keras menyuarakan prinsip-prinsip Islam, terutama dalam konteks dunia global. Dalam masyarakat muslim di berbagai negara memang ada kontroversi menyangkut pernyataannya. Tetapi saya kira dalam konteks keterbukaan informasi dan dalam membangun keberagaman dan keberagamaan, maka kunjungan Dr Zakir Naik itu tidak perlu dipersoalkan," ujar Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu'ti dalam perbincangan, Kamis (30/3/2017).

Mu'ti mengatakan kontroversi seputar Zakir Naik muncul karena sebetulnya ceramah yang disampaikan sang ulama dikhususkan untuk masyarakat muslim saja. Selain itu, ceramah Zakir untuk penguatan akidah.

"Bukan masyarakat agama lain. Kemudian tentu yang disampaikan dalam pembinaan akidah umat Islam," ujar Mu'ti.

Kedatangan Zakir Naik, kata Mu'ti, menjadi kabar gembira bagi masyarakat yang selama ini hanya mengikuti ceramah Zakir dari media sosial. Mereka bisa menyaksikannya secara langsung.


"Yang setuju jangan menyikapi dengan euforia, yang tidak setuju ya diharapkan biasa saja," tutur Mu'ti.

Untuk ceramah di Indonesia, Mu'ti berharap Zakir Naik menyiapkan materi ceramah yang disesuaikan dengan kehidupan Islam dan masyarakat Indonesia. Karena Islam di Indonesia memiliki ciri khas yang berbeda dengan negara lain.

"Islam di Indonesia beda dengan negara Dr Zakir Naik di India, beda juga dengan Malaysia. Beda dengan negara-negara di Asia Selatan sana. Agar ceramah yang disampaikan terukur," ucap Mu'ti.

Baca juga: Temui Zakir Naik yang Diduga Danai ISIS, Wapres JK Dikritik
Muhammadiyah Minta Zakir Naik Tak Ceramah Kontroversial di RI Muhammadiyah Minta Zakir Naik Tak Ceramah Kontroversial di RI Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/29/2017 11:13:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.