Ngaku Tuhan Agama Baru, Sabar Nababan Disebut Idap Schizofrenia

Sabar Nababan, Tuhan Agama Angkasa Nauli
Sabar Nababan, Tuhan Agama Angkasa Nauli. (Facebook/nababan.sabar)
Beritakepo.com. Seorang dosen Teknik Elektro di Universitas Mataram (Unram), Saban Nababan mengaku dirinya sebagai Tuhan sebuah agama baru Agama Angkasa Nauli (AAN). Pihak Kepolisian Resor Mataram mengatakan bahwa Saban mengidap schizofrenia atau kelainan mental jangka panjang.

"Kita mendapatkan surat dari Rumah Sakit Jiwa Provinsi NTB, yang isinya bahwa yang bersangkutan mengidap schizofrenia sejak 2015," ujar Kapolres Mataram AKBP Muhammad, Selasa (21/3/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Sabar Nababan bikin heboh media sosial terutama di Facebook karena pengakuannya sebagai tuhan dari AAN. Banyak yang berkomentar negatif terhadap Sabar, tak sedikit pula yang memilih untuk menganggapnya sebagai candaan.

Sabar telah dimintai keterangan pada Senin (20/3) kemarin. Sejauh ini tidak ada proses hukum terhadapnya, hanya diminta tetap melapor ke polisi.


Muhammad menambahkan, pihaknya akan terus memantau aktivitas Sabar terkait pengakuannya sebagai Tuhan dan agama baru tersebut. "Iya, kami pantau dan awasi terus kegiatannya, dikhawatirkan nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkapnya.

Sampai saat ini, menurut Muhammad, tidak ada kegiatan khusus yang menyangkut keagamaan di rumah Sabar. Sabar juga tidak memasang spanduk atau mengajak orang untuk pidah ke 'agama' baru tersebut.

"Enggak ada spanduk. Orang juga enggak ada yang begitu peduli, hanya ramai di medsos saja," tandasnya.

Sabar membuat heboh dunia maya karena mendeklarasikan AAN. Dalam postingannya, Sabar menyebut AAN telah diterima di dunia roh oleh Tuhan Jahowa. Bahkan, Sabar menyebut dirinya Tuhan.

"Saya menjadi Tuhan karena diangkat, bukan karena mengusulkan diri," tulis Sabar dalam akun Facebook-nya pada Kamis, (16/3/2017).

Di lain postingan, Sabar mengatakan AAN memiliki kitab suci bernama 'kebenaran' dengan bahasa pengantar menggunakan Bahasa Indonesia. Dalam posting-an terakhir Sabar pada hari Minggu (19/3), ia menjelaskan belum bisa memberikan status dan komentar sampai datang izin dari Kemenag soal keberadaan AAN.

"Saya tidak bisa memberikan status dan komentar sampai datang Ijin AAN dari Menteri Agama RI. Demikian untuk dimaklumi," jelas Sabar.

Ngaku Tuhan Agama Baru, Sabar Nababan Disebut Idap Schizofrenia Ngaku Tuhan Agama Baru, Sabar Nababan Disebut Idap Schizofrenia Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/20/2017 08:02:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.