Pemerintah Akan Berikan Camry untuk SBY, Begini Prosedurnya

Toyota Camry, jenis mobil untuk SBY
Toyota Camry, jenis mobil untuk SBY. (Tribunnews.com)
Beritakepo.com. Jakarta - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah mengembalikan mobil kepresidenan yang sempat digunakan sejak tidak menjabat sebagai Presiden RI dua tahun lalu. Kini, pemerintah siap mengganti mobil kepresidenan yang dikembalikan SBY itu dengan mobil Toyota Camry.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan dengan kembalinya mobil kepresidenan yang sempat dipakai SBY tersebut maka lengkap sudah jumlah mobil kepresidenan di garasi Istana.

"Berhubung mobil kepresidenan sudah dikembalikan maka lengkaplah mobil itu menjadi 8 unit, sesuai administrasi barang milik negara," kata Djumala, Rabu (22/3/2017), dilansir Detikcom.

Lalu bagaimana prosedurnya?


Djumala mengatakan pemberian mobil dari negara untuk mantan Presiden RI dan Wakil Presiden RI dijamin di dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden Serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden. Begitu selesai menjabat maka presiden maupun mantan wakil presiden berhak mendapatkan fasilitas tersebut.

"Begitu sudah selesai masa tugas, sesuai UU nomor 7 tahun 1978, mantan presiden berhak untuk mendapat mobil dari negara beserta pengemudinya," kata Djumala.

Tak hanya mobil, Djumala mengatakan mantan presiden dan wakil presiden juga berhak mendapatkan rumah, pengawalan serta asuransi kesehatan dan jiwa. "Kalau rumah itu diberi oleh negara. Tapi kalau mobil ada batasannya, tergantung dari beliau yang menggunakannya, nanti akan kembali ke negara," kata Djumala.

Untuk mendapatkan fasilitas tersebut, kata Djumala, prosedur yang harus dilewati yakni harus melalui Biro Umum di Kementerian Sekretariat Negara (Setneg). "Nanti Biro Umum membuat surat penyerahan mobil, kemudian disampaikan dan surat itu disimpan di Setneg. Itu resmi, bahwa itu diberikan fasilitas untuk mantan presiden dan wakil presiden," kata Djumala.

Menurut Djumala, saat ini tengah dilakukan proses administrasi. "Masih diurus surat menyuratnya dan nanti akan berhubungan dengan staf Pak SBY mengenai proses delivery-nya," kata Djumala.

"Ini prosedur yang harus kita lakukan. Karena memang beliau berhak untuk dapat mobil dari negara, yaitu Toyota Camry," tambah Djumala.

Lalu, apakah ada tenggat waktu pengiriman mobil tersebut? "Tidak, tergantung nanti beliau kapan berkenan untuk diantar," kata Djumala.

Djumala juga mengatakan saat ini negara masih memiliki banyak stok mobil Toyota Camry. Ada dua jenis, yakni Camry 2.4 dan Camry 3.0. "Sebenarnya itu tergantung dari Sekretariat Negara nanti mau kasih yang mana. Kalau yang Camry 3.0 itu buatan tahun 2005, kalau Camry 2,4 itu tahun 2007," jelas Djumala.
Pemerintah Akan Berikan Camry untuk SBY, Begini Prosedurnya Pemerintah Akan Berikan Camry untuk SBY, Begini Prosedurnya Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/22/2017 07:24:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.