Pemkot Magelang Akan Hukum Guru yang Bikin Soal UN 'Anies-Sandi'

Anies-Sandi masuk soal UN di Magelang
Anies-Sandi masuk soal UN di Magelang. (Istimewa)
Beritakepo.com. Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, tetap akan mendalami insiden naskah soal uji coba Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs yang memuat materi biografi calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno (Anies-Sandi).

"Penyusun sudah mengakui, tapi tidak sampai disitu, kami tetap melakukan pendalaman. Sejauh mana kesalahan yang bersangkutan," kata Sekretaris Daerah Kota Magelang Sugiharto, Sabtu (18/3/2017), dilansir Kompas.com.

Pendalaman dilakukan terkait sanksi disiplin yang mungkin dikenakan kepada guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sebuah SMP Negeri Kota Magelang itu. Pihaknya mengacu pada ketentuan Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai untuk menangani kasus yang sempat viral di media sosial ini.

"Sanksi akan diberikan sesuai tingkat kesalahannya seperti apa. Apakah benar itu sesuai pengakuannya atau tidak, apakah ada kaitan dengan unsur politik atau tidak, itu harus didalami lebih lanjut,” ujar Sugiharto.

Untuk mengantipasi kejadian serupa, Pemkot Magelang meminta kepada para guru hingga pengawas sekolah untuk menjalankan prosedur pemeriksaan draf soal dengan cermat sebelum dicetak dan dibagikan kepada siswa.

"Ke depan saya perintahkan, semua naskah soal harus dikoreksi, diteliti dan ditelaah tidak hanya oleh guru-guru penyusun dan kepala sekolah namun juga oleh pengawas sekolah," ucap Sugiharto.

Sebelumnya diberitakan, naskah soal uji coba UN mata pelajaran Bahasa Indonesia, tingkat SMP/Mts di Kota Magelang, diketahui memuat biografi singkat pasangan calon Anies-Sandi. Uji coba UN telah dilaksanakan pada Senin, 6 Maret 2017.

Foto naskah soal ini diketahui khalayak luas setelah seorang netizen Oktaviani Khoirunnisa dengan akun @vannioktav mengunggahnya di media sosial Twitter pada Selasa, 14 Maret 2017.

Foto tersebut kemudian ditautkan kepada akun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo @ganjarpranowo. "Pak @ganjarpranowo pilgub DKI sampai magelang lho," tulis Oktaviani dengan menambah emotikon tertawa dibelakang cuitannya.

Postingan Oktaviani mendapat respon dari Ganjar Pranowo, Kamis (16/3/2017). Ganjar me-retweet sekaligus mempertanyakan kebenaran foto naskah soal tersebut. "Masak sih? Itu beneran?," tukas Ganjar melalui akun pribadinya yang sudah terverifikasi itu.

Hingga berita ini ditulis, postingan Oktaviani menjadi viral di lini masa dan menuai banyak komentar. Akibatnya kini ia mengunci akun Twitter miliknya.

Dalam soal itu, siswa diminta untuk mencari kalimat rancu pada paragraf yang menceritakan riwayat berorganisasi Anies Baswedan semasa muda.

Soal berikutnya, terdapat paragraf yang menceritakan riwayat singkat tokoh Sandiaga Salahudin Uno ketika masih sekolah hingga menjadi orang terkaya di Indonesia. Siswa diperintahkan untuk mencari keistimewaan tokoh tersebut.
Pemkot Magelang Akan Hukum Guru yang Bikin Soal UN 'Anies-Sandi' Pemkot Magelang Akan Hukum Guru yang Bikin Soal UN 'Anies-Sandi' Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/18/2017 07:20:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.