Polisi Klaim Punya Alat Bukti Kuat, Sekjen FUI Al-Khaththath Ditahan

Sekjen MUI Muhammad Al-Khaththath (oranye)
Sekjen MUI Muhammad Al-Khaththath (oranye). (Detikcom)
Beritakepo.com. Sekjen Forum Ulama Indonesia (FUI) Muhammad Al-Khaththath ditahan bersama 4 orang lainnya di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, dengan sangkaan pemufakatan makar.

"Seluruhnya dinyatakan ditahan ya," kata Ketua Tim Pembela Muslim Achmad Michdan, yang mendampingi Al-Khaththath, di Mako Brimob, Depok, Sabtu (1/4/2017), dilansir Detikcom.

Menurut Michdan, penahanan dilakukan karena polisi mengatakan memiliki cukup bukti atas sangkaan yang dikenakan kepada Al-Khaththath. Adapun 4 orang lainnya adalah Zainudin Arsyad, Irwan, Veddrik Nugraha alias Dikho, dan Mar'ad Fachri.

"Ini hak diskresinya kepolisian, menangkap mengatakan cukup bukti dengan pendalaman pertanyaan, khususnya Ustaz Al-Khaththath," ujar Michdan.

Baca juga: JK, Anies dan Tommy Soeharto Dikaitkan dengan Donatur Aksi 313


Menurut Michdan, Al-Khaththath dalam pemeriksaan dicecar 34 pertanyaan. Keterangan Al-Khaththath dituangkan dalam berita acara pemeriksaan (BAP) sebanyak 12 lembar.

"BAP hanya berisikan rapat-rapat yang kaitannya dengan aksi 313," ucapnya.

Dalam kasus ini, polisi menyita sejumlah barang bukti, mulai dari dokumen, telepon genggam (HP), hingga uang belasan juta rupiah.

"BB (barang bukti) yang disita beberapa dokumen yang memang berada di mobil Ustaz Al-Khaththath, spanduk, pamflet, dua laptopnya, handphone, dan uang sejumlah kurang-lebih Rp 18 juta. Rp 1 juta di dompet, Rp 17 juta di tas," ujar Michdan.

Tim pengacara menyiapkan langkah hukum terkait kasus Al-Khaththath.

"Banyak ahli berpendapat makar itu tidak sederhana. Jadi tidak bisa makar untuk menggulingkan negara dan pemerintah yang sah itu sederhana. Itu harus dengan satu pembuktian yang sifatnya memadai untuk dituduhkan itu," ujar Michdan.

Karena itu pihaknya akan menguji sangkaan yang dikenakan terhadap Al-Khaththath. Pengacara akan berembug soal kemungkinan dilakukannya praperadilan.

"Nanti suara terbanyak akan diambil menjadi keputusan langkah yang ditempuh. Apakah praperadilan, mengajukan penangguhan atau uji materi yang lain," ujarnya.
Polisi Klaim Punya Alat Bukti Kuat, Sekjen FUI Al-Khaththath Ditahan Polisi Klaim Punya Alat Bukti Kuat, Sekjen FUI Al-Khaththath Ditahan Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/31/2017 10:27:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.