Saat Jokowi Rela Hujan-hujanan Demi Sambut Raja Salman

Jokowi rela hujan-hujanan demi Raja Salman
Jokowi rela hujan-hujanan demi Raja Salman. (Fotografer Istana)
Beritakepo.com. Jakarta - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud dijemput langsung oleh Presiden Jokowi saat tiba di Istana Bogor, Rabu (1/3/2017), yang sedang diguyur hujan deras. Begitu Raja Salman membuka pintu mobil, Jokowi langsung ada di depannya. Tentu saja pengawal Raja Salman, Brigjen Al-Faghm, langsung sigap memayungi.

Presiden Jokowi juga memegang payung agar tak kehujanan. Tetapi payung yang dia pegang dengan tangan kiri itu diarahkannya untuk Raja Salman. Lengan kiri Jokowi pun basah terkena hujan. Tetapi dia memaknainya sebagai berkah.
Jokowi memayungi dan menggandeng Raja Salman
Jokowi memayungi dan menggandeng Raja Salman. (Detikcom)
"Hujan lebat menyambut Raja Salman bin Abdulaziz di Istana Bogor. Setiap tetes hujan adalah berkah dari Allah SWT. Semoga pertemuan ini menjadi berkah bagi Indonesia dan Arab Saudi," kata Jokowi lewat akun Facebook resminya.

Tak hanya itu, Jokowi kemudian menyopiri Raja Salman dengan mobil golf untuk melihat sekilas suasana di Istana Kepresidenan Bogor. Jokowi berada di sisi kiri dan memegang kemudi. Jokowi membawa Raja Salman mengelilingi bundaran depan Gedung Induk Istana Bogor, berputar melewati bagian sayap kanan belakang Istana.
Jokowi menyupiri Raja Salman dengan mobil golf
Jokowi menyupiri Raja Salman dengan mobil golf. (Detikcom)
Sementara lengan kiri memegang payung, tangan kanan Jokowi menggandeng erat Raja Salman. Saat Jokowi tak lagi memegang payung karena sudah memasuki selasar Istana, tangannya tetap menggandeng Raja Salman.

Kebersamaan Jokowi dan Raja Salman terus terlihat hingga prosesi penyambutan selesai. Jokowi tampak mengantarkan Raja Salman menuruni anak tangga setelah rangkaian kegiatan pertemuan mereka selesai. Jokowi dan Raja Salman bergandengan tangan.
Jokowi menggandeng tangan Raja Salman
Jokowi menggandeng tangan Raja Salman. (Detikcom)
Keduanya bergandengan tangan saat menuruni anak tangga Gedung Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Tangan kanan Jokowi menggenggam tangan kiri Raja Salman. Mata Jokowi menjurus ke anak tangga, sementara penglihatan Raja Salman mengarah ke depan.

Keduanya pun makan siang bersama dan diabadikan oleh Jokowi dalam sebuah video blog. Vlog tersebut diunggah Jokowi ke akun media sosial Facebok miliknya, Presiden Joko Widodo @jokowi, Rabu (1/3/2017). Video yang diunggah itu berdurasi 2 menit 27 detik dengan keterangan: #JKWVLOG Jamuan Makan Siang Bersama Raja Salman.

Di vlog itu, tampak Jokowi mengabadikan momen makan siang di salah satu ruang di Istana Kepresidenan Bogor. Terdengar lantunan musik khas Sunda mengiringi jamuan makan siang itu.

Jokowi membuka vlog dengan mengucapkan salam. Dia mengatakan, saat itu sedang bersantap siang dengan Raja Salman.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Saat ini saya sedang bersantap siang dengan Yang Mulia Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Beliau baru makan," kata Jokowi, yang mengenakan setelan jas warna hitam lengkap dengan peci warna hitam.

Jokowi mengatakan kunjungan Raja Salman ini merupakan kunjungan balasan saat dirinya berkunjung ke Arab Saudi pada 2015. "Saat itu saya menyampaikan undangan agar beliau Sri Baginda Raja Salman bisa berkunjung ke Indonesia," kata Jokowi.


"Dan kunjungan ini merupakan kunjungan balasan atas kedatangan saya ke Arab Saudi tahun 2015 yang lalu. Kunjungan ini juga merupakan kunjungan bersejarah setelah 47 tahun Raja Saudi Arabia ke Indonesia," tambahnya.

Jokowi kemudian meminta Raja Salman untuk berbicara di vlognya itu. Raja Salman pun bersedia. Raja Salman mengucapkan kata-kata dengan bahasa Arab yang kemudian diterjemahkan oleh salah seorang staf dari Kementerian Luar Negeri RI.

"Saya sangat senang sekali saat ini berada di Indonesia, senang dengan rakyat Indonesia. Dan saat ini saya dengan Yang Mulia Presiden Indonesia. Dan bagi kami, rakyat Indonesia merupakan saudara kami dan juga rakyat yang sangat mulia," kata Raja Salman.

Jokowi pun tersenyum mendengar testimoni Raja Salman itu.

"Terima kasih, Yang Mulia, terima kasih. Semoga kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan baik kita, antara Kerajaan Saudi Arabia dan negara kita Indonesia, hubungan yang saling menguntungkan," tutup Jokowi.
Saat Jokowi Rela Hujan-hujanan Demi Sambut Raja Salman Saat Jokowi Rela Hujan-hujanan Demi Sambut Raja Salman Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/01/2017 09:32:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.