Said Aqil: Kalau Tak Senang Ahok Jangan Pilih, Ngapain Demo 313

KH Said Aqil Siradj tolak aksi 313
KH Said Aqil Siradj tolak aksi 313. (Republika)
Beritakepo.com. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj ‎menolak adanya rencana dari massa umat Islam yang kembali akan menggelar aksi 313 bertajuk 'Al Maidah 51 Memanggil Anda' jelang pemungutan suara di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta. Aksi ini bertujuan menuntut Presiden Jokowi agar memberhentikan Basuki Thajaja Purnama atau Ahok sebagai gubernur DKI Jakarta.

Said Aqil menilai, ‎aksi tersebut hanya akan menghabiskan energi, tenaga dan pikiran bangsa lantaran kental muatan politis di kontestasi Pilkada Ibu Kota.

"Menurut saya ginilah, (sebaiknya) yang nggak senang Ahok nggak usah pilih. Yang enggak senang Anies, ya enggak usah milih. Ngapain demo, energi, tenaga, pikiran, uang, waktu habis semua," kata Said Aqil usai acara pelantikan Pengurus Muslimat NU di Masjid Istiqlal, Jakarta, Selasa (28/3/2017), seperti diberitakan Okezone.

Said Aqil menegaskan, bahwa NU tidak memiliki kepentingan apapun di Pilgub DKI Jakarta. Oleh sebab itu, ia mengimbau seluruh warga NU ‎untuk mensukseskan jalannya pemilihan orang nomor satu di Ibu Kota dalam 5 tahun ke depan.

"NU sih enggak punya peran dukung atau menolak, karena NU ormas, bukan partai politik. Tapi, NU mengimbau agar masyarakat DKI mensukseskan Pilkada dengan baik dan bermartabat, tidak dengan radikal atau rasis," tandasnya.

Pernyataan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, yang melarang warga NU untuk ikut dalam aksi bela Al Quran 313 mendapat tanggapan dari Forum Umat Islam (FUI). Sekretaris Jenderal FUI Muhammad Al Khaththath mengaku tidak ambil pusing dengan larangan dari Said Aqil tersebut.


Namun, Al Khaththath mengingatkan Said Aqil agar tidak menghalangi penyampaian aspirasi massa melalui aksi demonstrasi.

"Kalau menghalangi dia (Said Aqil) melanggar undang-undang. Jadi, kalau dia cuma tidak senang, tidak apa-apa. Orang boleh senang, boleh tidak," katanya di KPU DKI Jakarta, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (28/3).

Al Khaththath mengklaim sebelum FUI mengumumkan rencana aksi 313, banyak yang bertanya kepada kapan akan ada aksi lagi. Pertanyaan itu timbul dari orang-orang yang pernah ikut dalam aksi 212 pada Desember 2016.

"Kami ingin kumpul lagi bersama para pejuang 212, itu suara masyarakat. Ini soalnya panggilan dari surat Al Maidah 51," jelasnya.

Bagi warga NU yang dilarang untuk ikut dalam aksi 313, Al Khaththath meminta mereka memilih. "Terserah, kuatan mana, panggilan dari manusia atau dari surat Al Maidah 51. Nanti di 313 itu akan terbukti," ujarnya.

Ajakan untuk berdemonstrasi usai salat Jumat pada 31 Maret mendatang disuarakan Forum Umat Islam. Mereka menuntut Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama, diberhentikan oleh pemerintah karena telah menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama. Guna menyampaikan tuntutannya, mereka berencana melakukan long march dari Masjid Istiqlal Jakarta menuju Istana Merdeka untuk berunjuk rasa di sana. .

Baca juga: Alasan Gelar Aksi 313, FUI: Tuntut Jokowi Berhentikan dan Penjarakan Ahok
Said Aqil: Kalau Tak Senang Ahok Jangan Pilih, Ngapain Demo 313 Said Aqil: Kalau Tak Senang Ahok Jangan Pilih, Ngapain Demo 313 Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/28/2017 06:42:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.