Spekulasi Makhluk Kecil di Aceh Mengarah ke Suku Mante

Makhluk kecil di hutan Aceh disebut Suku Mante
Makhluk kecil di hutan Aceh disebut Suku Mante. (Istimewa)
Beritakepo.com. Kini beredar spekulasi soal kemunculan mahkhluk kecil lincah yang muncul di belantara Aceh yang menghebohkan media sosial. Ada dugaan sosok itu merupakan suku kuno dari Aceh, Suku Mante.

Dugaan mengenai hal itu bermunculan di media sosial. Kabid Humas Polda Aceh Kombes Gunawan juga memiliki dugaan awal serupa.

"Saya sudah lihat videonya. Manusia itu ya. Bisa jadi memang itu suku dalam yang masih primitif. Bisa jadi Suku Mante itu," kata Gunawan, Minggu (26/3/2017), seperti diberitakan Detikcom.

Baca Juga: Heboh di Medsos Soal Makhluk Kecil Lincah di Hutan Aceh

Namun itu baru dugaan sangat awal. Gunawan mengatakan, perlu diketahui lokasi persisnya untuk dilakukan penelaahan yang lebih mendalam.


"Menarik ini, apakah ini merupakan yang sudah punah itu, atau apakah memang asli Aceh," ujar Gunawan.

Literasi dan dokumentasi mengenai Suku Mante terbilang tak cukup banyak. Suku ini disebut-sebut dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh.

Peneliti Snouck Hurgronje dalam bukunya 'De Atjehers' menyebutkan suku ini masuk dalam etnis Melayu Proto. Ukuran tubuhnya sama seperti manusia Melayu pada umumnya. Suku ini disebutkan selalu berada di pedalaman hutan.

Kesaksian warga mengenai eksistensi Suku Mante ini kadang salah. Ada yang mengira jejak Suku Mante itu dengan Orang Pendek, spesies misterius yang diyakini ada di belantara bumi Sumatera.

Dari ciri-cirinya, Orang Pendek tersebut mirip dengan apa sosok yang muncul di hutan Aceh. Debbie Martyr, seorang peneliti yang meneliti Orang Pendek selama 15 tahun menjelaskan ciri-ciri Orang Pendek ini memiliki tinggi tak lebih dari 90 Cm. Tubuhnya umumnya berwana-warna abu-abu dengan selimut bulu. Ada pula yang berwana kecokelatan.

Namun sejarawan Aceh, Rusdi Sufi menyebut keberadaan Suku Mante tak ada lagi.

"Suku Mante ini sudah tidak ada lagi. Berdasarkan penuturan lisan di masa lalu, suku Mante ini berukuran kecil," kata Rusdi.

Rusdi mengatakan Suku Mante ada jauh hari sebelum Islam masuk ke Indonesia pada abad 12. Suku ini biasanya berada di hutan belantara.

"Memang biasanya ada di hutan belantara," kata Rusdi.

Seiring dengan perkembangan peradaban, Rusi mengatakan, Suku Mante yang primitif tersebut sudah tidak ada lagi. Sudah ada percampuran dengan para pendatang.

"Ada yang bilang, Mante ini merupakan suku Aceh yang asli. Tapi yang jelas sekarang identitas orang Aceh ini sudah sulit. Sudah bercampur menjadi satu," kata Rusdi.
Spekulasi Makhluk Kecil di Aceh Mengarah ke Suku Mante Spekulasi Makhluk Kecil di Aceh Mengarah ke Suku Mante Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/26/2017 03:18:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.