Tak Terima Jadi Saksi Ahok, MUI Pecat KH Ahmad Ishomuddin

Ahmad Ishomuddin dipecat dari posisi Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI
Ahmad Ishomuddin dipecat dari posisi Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI. (Detikcom)
Beritakepo.com. Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Sa'adi membenarkan pihaknya telah memberhentikan KH Ahmad Ishomuddin dari kepengurusan MUI. Ishomuddin merupakan Wakil Ketua Komisi Fatwa MUI sekaligus saksi yang dihadirkan dalam persidangan kasus penodaan agama oleh terdakwa Basuki Tjahaja atau Ahok pekan ini.

Zainut membantah pemberhentian Ishomuddin dari kepengurusan dilakukan karena Ishomuddin menjadi saksi atas kasus Ahok.

Namun, pemberhentian itu dikarenakan ketidakaktifan Ishomuddin dalam kepengurusan MUI. Keputusan tersebut, kata Zainut, diambil dalam rapat pimpinan MUI pada Selasa (21/3/2017).

"Berkaitan dengan berita tentang pemberhentian Saudara Ishomuddin dari kepengurusan MUI hal tersebut adalah benar," ujar Zainut, Jumat (24/3/2017), seperti diberitakan Kompas.com.

Baca: Beda Pendapat dengan Ma'ruf di Kasus Ahok, Ini Kata Ahmad Ishomuddin

"Pemberhentian sebagai pengurus MUI bukan semata karena menjadi saksi ahli dugaan penodaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, tetapi karena ketidakaktifan beliau selama menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Fatwa di MUI," ujar Zainut.

Zainut menambahkan, secara berkala pihaknya melakukan evaluasi terhadap keaktifan dari pengurus MUI. Evaluasi itu berlaku untuk seluruh pengurus.

"Jadi bukan hanya terhadap Pak Ishomuddin semata. Kriteria ketidakaktifan itu dinilai dari kehadiran dalam rapat-rapat dan kegiatan MUI lainnya," ujar Zainut.


Alasan lainnya, MUI menilai Ishomuddin telah bersikap indisipliner. Namun, Zainut tak menjelaskan bentuk ketidakdisiplinan yang dimaksud.

"Terhadap Pak Ishomuddin pemberhentian beliau sebagai pengurus selain karena tidak aktif juga karena melanggar disiplin organisasi," ujar Zainut.

Sebelumnya, Ahmad Ishomuddin mengaku siap menanggung risiko disanksi karena beda pandangan dengan MUI soal kasus Ahok. Ishomuddin menegaskan hanya memberikan pendapat sesuai dengan pandangan di sidang Ahok.

Baca juga: Dipecat MUI, Ishomuddin: Saya Ikhlas Demi Menegakkan Keadilan

"Hidup ini pilihan, hidup ini harus berani mengambil keputuusan. Orang yang berani mengambil keputusan harus berani menanggung risikonya. Kalau umpamanya MUI dewan pimpinannya memutuskan saya diberhentikan ya tentu saya terima karena jabatan itu bukan segalanya bagi saya," ujar Ishomuddin saat dihubungi Jumat (24/3/2017), seperti dilansir Detikcom.
Tak Terima Jadi Saksi Ahok, MUI Pecat KH Ahmad Ishomuddin Tak Terima Jadi Saksi Ahok, MUI Pecat KH Ahmad Ishomuddin Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/24/2017 06:59:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.