Tokoh Lintas Agama Minta Raja Salman Aktif Menjaga Kedamaian Dunia

Raja Salman berfoto dengan tokoh lintas agama
Raja Salman berfoto dengan tokoh lintas agama. (Istimewa)
Beritakepo.com. Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bersama Presiden Joko Widodo menggelar pertemuan bersama 28 orang tokoh lintas agama. Mereka berdialog tentang pentingnya kerukunan antar umat beragama.

Tokoh agama Katolik Romo Igantius Suharyo mengatakan, pertemuan ini merupakan simbol penting toleransi beragama dan menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Ignatius kemudian membeberkan peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Indonesia.

"Peristiwa ini mengingatkan saya kepada beberapa tonggak sejarah bangsa Indonesia ini, mulai dari kebangkitan nasional tahun 1908, disusul dengan Sumpah Pemuda tahun 1928, dan proklamasi kemerdekaan Indonesia tahun 1945 dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata Ignatius di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (3/3).

Sementara itu, Suhadi Sanjaya yang mewakili umat Buddha menyampaikan harapannya akan perdamaian dunia. Dia berharap Raja Salman dan Arab Saudi selalu berperan aktif menciptakan kedamaian.

"Tentu harapan kami kepada Sri Baginda dengan segala kebijakan dan kewibawaannya bisa menciptakan perdamaian di dunia dan kebahagiaan bagi seluruh umat manusia. Semoga Sri Baginda selalu dibekali dengan kesehatan dan panjang umur," kata Suhadi.

Hal senada juga dikatakan Uung Sendana yang mewakili agama Konghucu. Oleh karena itu, ia berharap agar pertemuan serupa itu dapat kembali dilakukan di masa mendatang.

"Semoga ini bisa menyebar dan menginspirasi semua orang. Sehingga bukan saja hubungan Arab Saudi-Indonesia menjadi semakin erat, tetapi juga hubungan antar agama menjadi lebih erat pula," kata Uung.

Sementara itu perwakilan agama Hindu yaitu Wisnu Bata Tenaya, mempersembahkan sesanti dari Kitab Sutasoma yang ditulis oleh Empu Tantular kepada Raja Salman. Ia menegaskan, bahwa isi dari Kitab tersebut tertulis kalimat 'Bhinneka Tunggal Ika' yang mempertegas kerukunan dan harmonisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak hanya Indonesia melainkan dunia.

Hanriette yang mewakili umat Protestan juga menyampaikan harapannya terkait kedamaian dunia. Juga Azyumardi Azra, yang mewakili umat Islam, menyambut baik ajakan Raja Salman untuk memerangi radikalisme dan ekstremisme. Hal tersebut dapat tercapai dengan dukungan stabilitas ekonomi dan politik Indonesia.

Turut hadir dalam pertemuan itu mendampingi Presiden, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Tokoh dari agama Islam yang hadir yakni Din Syamsuddin, Prof Dr Azyumardi Azra, Prof Dr Kammarudin Amin, Prof Dr Alwi Shihab, Zannuba Arriffah C Rahman (Yenny Wahid), Abdul Mufti, Masyakuri Abdillah, Komaruddin Hidayat dan Yudie Latief.

Sementara itu, tokoh-tokoh yang mewakili agama Kristen Protestan adalah Hanriette T Hutabarat, Pdt Rony Mandang, Pdt Dr Jacob Nahuway dan Gomar Gultom. Dari agama Kristen Katholik hadir Mgr Ignatius Suharyo Harjoatmojo, Mgr Antonius Subianto Osc, Mgr Paskalis Bruno Syukur Ofm dan Franz Magnis Suseno.

Tokoh agama Buddha yang hadir yakni S Hartati Tjakra Murdaya, Bhikku Sri Pannyavaro, Suhadi Sanjaya dan Arif Harsono. Sementara itu, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Ir Ketut Parwata, Letjen TNI Purn Putu Soekreta Soeranta dan Made Gede Erata adalah para tokoh yang mewakili agama Hindu.

Tokoh agama Konghucu yang hadir adalah Uung Sendana, Ws Budi Santoso Tanuwibowo dan XS Djangrana.

Sebelum bertemu dengan para pemuka lintas agama, Presiden terlebih dahulu mengundang Raja Salman dalam jamuan teh yang dihelat di ruangan yang berbeda. Dalam jamuan teh yang dimulai pukul 14.00 WIB ini, Presiden menyerahkan foto album yang memuat foto-foto Raja Salman selama berada di Istana Kepresidenan Bogor dan Istana Kepresidenan Jakarta.
Tokoh Lintas Agama Minta Raja Salman Aktif Menjaga Kedamaian Dunia Tokoh Lintas Agama Minta Raja Salman Aktif Menjaga Kedamaian Dunia Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/03/2017 03:18:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.