Viral di Medsos, Korlantas: 'Pengawal' Porsche di Busway Bukan Polisi

Mobil Porsche dikawal polisi di jalur busway
Mobil Porsche dikawal polisi di jalur busway. (Istimewa)
Beritakepo.com. Foto mobil Porsche yang tengah 'antre' di belakang bus TransJakarta di busway dengan kawalan polisi itu sudah tersebar luas di media sosial. Tidak jelas siapa yang memotret foto tersebut yang kemudian di-share netizen.

Namun pihak Korps Lalu Lintas Polri menyebutkan, sang 'pengawal' bukanlah anggota kepolisian.

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa saat dikonfirmasi mengaku sudah mengetahui foto yang beredar di media sosial tersebut. "Ooo.. yang ini. Sudah lihat dari medsos kemarin," katanya, Rabu (15/3/2017), dilansir Detikcom.

Royke kemudian mengamati foto tersebut. Dari hasil pengamatannya, ia melihat keganjilan pada rompi 'polisi' dan sepeda motor yang berada di belakang bus TransJakarta. Posisi motor pengawal itu berada di depan Porsche bernopol B-1775-BAE.

"Rompinya nggak ada tulisan 'POLISI' dan pelat nomornya enggak kebaca, dan sepertinya warna hitam (pelat nomornya). Coba deh di-zoom," tambahnya.

Royke memastikan 'pengawal' itu bukanlah polisi. "Ya, pasti bukan polisi kalau pelat hitam motornya," tegas mantan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya ini.

Namun belum bisa dipastikan apakah pengemudi sepeda motor tersebut mengawal mobil sport tersebut atau hanya kebetulan sama-sama menerobos busway.

"Bisa saja antara mobil dan motor tersebut nggak saling kenal," ujarnya.

Pengemudi mobil sport itu masih bisa ditilang meski waktu kejadian sudah berlalu.

"Bisa dipanggil dan dihukum (pengemudi Porsche, red)," ujarnya.

Menurutnya, polisi bisa melacak pengemudi mobil tersebut berdasarkan pelat nomornya. Pengemudi bisa ditilang dan dijerat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan karena melanggar rambu-rambu.

"Dendanya maksimal Rp 500 ribu," imbuhnya.

Dia menegaskan mobil Porsche yang masuk busway melanggar aturan. Mobil tersebut, menurut Royke, seharusnya disetop anggota yang ada di lokasi.

"Harusnya ditilang itu," ujarnya.
Viral di Medsos, Korlantas: 'Pengawal' Porsche di Busway Bukan Polisi Viral di Medsos, Korlantas: 'Pengawal' Porsche di Busway Bukan Polisi Reviewed by Amborsius Ambarita on 3/15/2017 09:26:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.