Ahok Senang Pengerjaan Simpang Susun Selesai Lebih Cepat

Kondisi Simpang Susun Semanggi yang terpasang 100%
Kondisi Simpang Susun Semanggi yang terpasang 100%. (Istimewa)
Beritakepo.com. Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku senang dengan kinerja kontraktor Wijaya Karya sehingga Simpang Susun Semanggi sudah tersambung sepenuhnya setelah dilakukan pemasangan box girder terakhir untuk jalan layang sepanjang 1.622 meter tersebut.

"Kita bangga dengan Wijaya Karya, kerja cepat. Ini satu pola yang sangat baik. Ketika dikerjakan swasta, baru dinilai itu jauh lebih murah dan cepat," kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (26/4/2017), dilansir Detikcom.

Ahok mengaku bangga karena Wijaya Karya bisa menyelesaikan pemasangan box girder lebih cepat dari yang ditargetkan. Awalnya, penyelesaian Simpang Susun Semanggi ditargetkan selesai bulan Juli.

"Harusnya Juli ini sudah bisa selesai. Melebihi target ini. Dulu kan Agustus, dia bisa maju sebulan katanya," ujarnya.

Menurut Ahok, Simpang Susun Semanggi nantinya bisa mengurangi kemacetan sebesar 30 persen. Namun dia sangsi dengan target tersebut karena tingginya angka pertumbuhan kendaraan di Jakarta.

"Teori 30 persen (mengurangi kemacetan). Tapi kan mobil tambah terus," tutur Ahok.


Proyek Simpang Susun Semanggi memang ternyata selesai 1 bulan lebih cepat daripada target. Diperkirakan jalan layang Simpang Semanggi rampung pada Juli 2017 sehingga bisa beroperasi pada 17 Agustus 2017 atau bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI.

"Masih banyak pernak-pernik yang harus diselesaikan, penerangannya belum, semua akan diselesaikan. Tapi semua strukturnya sudah selesai malam ini," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi, dini hari tadi.

Simpang susun Semanggi merupakan jembatan lengkung terpanjang di Indonesia dengan panjang total 1,6 kilometer yang terdiri atas 2 ramp. Ramp 1 menghubungkan Grogol menuju Blok-M, sedangkan Ramp 2 menghubungkan Cawang menuju Bundaran HI.

Pengerjaan proyek ini menelan biaya mencapai Rp 345 miliar. Dana tersebut berasal dari nilai kompensasi pengembang PT Mitra Panca Persada, anak perusahaan asal Jepang, Mori Building Company.
Ahok Senang Pengerjaan Simpang Susun Selesai Lebih Cepat Ahok Senang Pengerjaan Simpang Susun Selesai Lebih Cepat Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/26/2017 07:31:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.