Anies Baswedan Ibaratkan Pilgub DKI Besok dengan Perang Badar

Beda pernyataan Anies soal Perang Badar dulu dan sekarang
Beda pernyataan Anies soal Perang Badar dulu dan sekarang. (Istimewa)
Beritakepo.com. Calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan pernyataan provokatif untuk meraih simpati umat memilihnya pada pencoblosan Pilgub DKI besok. Mantan Mendikbud ini mengibaratkan Pilkada DKI Jakarta seperti perang badar di masa Rasulullah saat menghadapi musuhnya, kaum Quraisy. Berkat pertolongan Allah, pasukan muslim yang berjumlah 313 berhasil melawan orang-orang kafir yang berjumlah 1.000 pasukan.

Menurutnya Anies, apabila Pilkada DKI Jakarta diniatkan untuk membantu warga Ibu Kota dan membela kaum tertindas maka Allah senantiasa akan memberikan pertolongannya untuk memenangkan dalam perhelatan Pilgub Jakarta. Anies mengatakan hal itu dalam sambutannya saat menghadiri jamuan makan malam dari Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Hadir dalam pertemuan tertutup itu tokoh nasional Amien Rais, Ketua umum partai Gerindra Prabowo Subianto, Hary Tanoesoedibjo, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Presiden PKS Sohibul Iman dan sejumlah tokoh lain.

"Pertemuan kita malam ini, menuju perang badar besok, pada saat itu Rasul mengatakan, pertolongan Allah akan datang, dan pertolongan akan datang bila niat kita berperang ini untuk membela kaum duafa, untuk membela mereka yang tertindas, yang tersingkirkan," ungkap Anies di Restoran Batik Kuring, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (18/4) malam, seperti diberitakan Okezone.

Anies mengibaratkan Pilkada seperti Perang Badar karena selama kampanye ia kerap bertemu dengan para warga miskin yang selama ini merasa terpinggirkan. Ia mencontohkan ketika berkampanye pernah suatu kali bertemu seorang ibu yang menangis mendengar pidato Anies. Ibu itu, kata Anies, memberikan selendangnya sembari menyampaikan supaya “menggendong” anak-anak mereka yang putus sekolah.

“Ini merupakan representasi dari jutaan rakyat Jakarta,” kata Anies.


Selain itu Anies juga menilai ada batas-batas yang dilanggar dalam penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta. Ia mencontohkan pembagian sembako, yang biasanya dilakukan dengan senyap, saat ini dilakukan secara terang benderang.

“Ambang batas hari ini sedang dilanggar,” ujar Anies di hadapan para tokoh yang hadir.

Baca juga: Prabowo: Hanya Kecurangan Besar yang Bisa Kalahkan Anies-Sandi

Lebih lanjut, Anies menegaskan, majunya dia sebagai salah satu kandidat Pilkada DKI Jakarta hanya untuk membela warga Jakarta dari ketidakadilan. Maka wajar apabila ada warga luar Jakarta yang simpatik untuk turut mengawasi tempat pemungutan suara (TPS) saat pencoblosan.

"Berkumpulnya kita membela mereka, mereka yang terpinggirkan. Insya Allah bila kita all out, kita menjaga kampung kita, bila sempat mampirlah satu, dua tempat karena ada 13 ribu TPS karena ada yang piket, ketemunya bukan orang Jakarta, mereka ikut menjaga Jakarta," pungkas Anies.

Pernyataan Perang Badar ini berbeda dengan pernyataan Anies saat pemilu Presiden 2014 lalu. Saat itu, Anies yang merupakan juru bicara pasangan Jokowi-JK membantah pernyataan Amien Rais yang menganalogikan Pilpres seperti Perang Badar.

"Jangan sampai muncul terminologi mengibaratkan pemilu sebagai sebuah perang. Perang sifatnya saling menghabisi. Baiknya adalah lawan dalam pemilu harus dianggap sebagai teman membangun bangsa," kata Anies dalam keterangan pers kepada Kompas.com, Rabu (4/6/2014).

Senada dengan Anies, mantan Ketua MPR, Amien Rais yang memberi sambutan menilai bahwa pertarungan pada Pilkada kali ini sangat ketat. Amien pun menuding ada penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah.

"Dulu Pak Karno (Soekarno) dan Pak Harto (Soeharto) belum pernah terang-terangan melibatkan TNI, tapi yang satu ini, luar biasa," kata Amien.

Amien meminta agar semua pihak mengantisipasi segala bentuk kecurangan pada Pilkada besok, salah satunya dengan doa. Sebab, kata dia, lawan Anies-Sandi pada Pilkada besok adalah kekuatan yang sangat besar.

"Saya kira betul besok orang badar. Ketika Anda lemah Anda diremehkan, datanglah pada Allah," kata Amien.
Anies Baswedan Ibaratkan Pilgub DKI Besok dengan Perang Badar Anies Baswedan Ibaratkan Pilgub DKI Besok dengan Perang Badar Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/18/2017 10:28:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.