Anies Janji Alexis Ditutup, Ahok: Saya Juga Nunggu Realisasinya

Anies Baswedan dan Ahok di Balai Kota
Anies Baswedan dan Ahok di Balai Kota. (Tribunnews.com)
Beritakepo.com. Salah satu janji kampanye cagub-cawagub DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang ditunggu warga realisasinya adalah penutupan Hotel Alexis. Atas wacana itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ikut bersuara.

"Saya juga nunggu itu ditutup," kata Ahok singkat saat ditanya wartawan soal penutupan Alexis sambil berjalan menuju ruang tamu Balai Kota, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (21/4/2017).

Ahok, yang mengenakan batik cokelat, enggan berkomentar panjang-lebar lagi seputar penutupan Alexis. Penutupan Alexis merupakan salah satu janji kampanye yang diingatkan dan ditagih oleh masyarakat Jakarta kepada Anies dan Sandiaga, yang memenangkan real count KPU.

Pertanyaan itu telah dijawab oleh Anies maupun Sandiaga. Anies menegaskan penutupan tempat praktik prostitusi berpegang pada peraturan daerah (perda). "Ya, komitmen kita melaksanakan perda. Jadi semua pelanggaran akan kita tindak dan perda itulah yang akan menjadi pegangan," ujar Anies di DPP Partai Perindo, Jalan Diponegoro No 29, Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis (20/4).

"Pokoknya semua pelanggaran. Jadi bukan hanya satu. Kesannya cuma satu (Alexis). Nggaklah, semua yang melanggar. Jadi kesannya kita mau menarget satu tempat (Alexis). Nggak, semua pelanggaran," kata Anies.

Dalam kesempatan terpisah, Sandi memastikan akan menutup Hotel Alexis saat menjabat. Sandiaga mengatakan akan menunaikan semua janji yang pernah diucapkan.

Perda DKI Jakarta yang dimaksud adalah Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Larangan praktik prostitusi tertuang pada Pasal 42, yang berbunyi: Setiap orang dilarang a. menyuruh, memfasilitasi, membujuk, memaksa orang lain untuk menjadi penjaja seks komersial; b. menjadi penjaja seks komersial; dan c. memakai jasa penjaja seks komersial.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Anies-Sandi sudah memiliki bukti Alexis melanggar Perda tersebut?

Namun menutup Alexis bukanlah pekerjaan mudah. Ahok yang terkenal galak sekalipun tak bisa menutup Alexis. Ada beberapa tantangan yang harus dihadapi jika ingin menutup Alexis.


Ahok mengatakan, Alexis memiliki izin usaha yang resmi sama halnya dengan diskotek Stadium dan Mile's yang pernah ditutup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dua diskotek tersebut terpaksa ditutup karena kedapatan sebanyak dua kali ada penyalahgunaan narkoba.

Ahok mengatakan dirinya tidak punya wewenang untuk menutup Hotel Alexis, karena penutupan setiap tempat hiburan yang melanggar aturan harus ada bukti.

Sulitnya menutup Alexis juga pernah diungkap Pelaksana tugas Gubernur DKI Sumarsono. Menurut Sumarsono penutupan Alexis harus melalui beberapa tahapan. Proses itu, kata Sumarsono, dimulai dengan memberikan surat peringatan.

Sampai saat ini, kata Sumarsono, Alexis belum pernah mendapat surat peringatan. "Jika dapat peringatan kedua, baru bisa langsung dicabut izin operasionalnya," kata Sumarsono di Balai Kota, Jakarta, Senin, 16 Januari 2017.

Meski begitu, menurut Sumarsono, pemerintah provinsi DKI Jakarta dapat menarik izin Hotel Alexis tanpa menunggu dikeluarkannya surat peringatan."Kalau mau langsung dicabut (izin), diubah pergubnya dulu," ujar Sumarsono.
Anies Janji Alexis Ditutup, Ahok: Saya Juga Nunggu Realisasinya Anies Janji Alexis Ditutup, Ahok: Saya Juga Nunggu Realisasinya Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/20/2017 11:19:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.