Buruh Diperintah Bakar Karangan Bunga untuk Ahok di Balai Kota

Buruh bakar karangan bunga untuk Ahok di Balai Kota
Buruh bakar karangan bunga untuk Ahok di Balai Kota. (Istimewa)
Beritakepo.com. Di tengah peringatan Hari Buruh Internasional, Senin (1/5/2017), sebagian peserta aksi yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Logam Elektronik dan Mesin SPSI membakar beberapa karangan bunga di depan Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Karangan bunga yang dibakar merupakan karangan bunga kiriman pendukung Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat. Bunga tersebut berisi ucapan terima kasih atas jasa Ahok dan Djarot selama memimpin Ibu Kota.

Awalnya, buruh datang dari arah barat. Sesampai di depan Balai Kota, mereka berhenti. Aktivis yang berdiri di atas mobil komando lantas memberikan instruksi lewat pengeras suara.

‎"Teman-teman, kita awali May Day ini dengan bersih-bersih Balai Kota. Balai Kota ini sudah dikotori oleh karangan bunga yang tidak penting. Ini sudah mengotori Balai Kota, maka harus dibersihkan. Tolong kumpulkan karangan bunga itu di tengah jalan, bakar," katanya.
Buruh diperintah bakar karangan bunga untuk Ahok
Buruh diperintah bakar karangan bunga untuk Ahok. (Tribunnews.com)
Peserta aksi pun menuruti instruksi. Mereka mengambil karangan bunga yang berjejer di depan kantor Balai Kota dan memindahkannya ke tengah jalan. Lalu, ada yang menyiram dengan minyak, dan membakarnya.


Dengan cepat, tumpukan karangan bunga tersebut terbakar. Sebagian peserta aksi kemudian menarik paksa sejumlah karangan bunga lagi untuk dibakar.

Massa buruh mengaku, mereka bertanggungjawab atas pembakaran tersebut. Mereka beralasan puluhan karangan bunga yang memenuhi pagar kawasan Monas telah mengotori ibu kota.

"Saya bertanggungjawab. Tangkap saya kalau berani. Kami yang melakukan ini," jelas orator yang berada di mobil komando.

"Sampah-sampah ini harus segera dibersihkan. Bukan dibiarkan berhari-hari. Mana satpol PP? Kenapa tidak dibersihkan?" tegasnya lagi.

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja, anggota Polri, dan TNI, mencoba untuk mencegah massa, tetapi tak dipedulikan. Asap tebal membumbung tinggi ‎di tengah jalan depan Balai Kota.

Simak videonya di bawah ini.

Lalu benarkah kebersihan menjadi alasan mereka membakar karangan bunga tersebut? Rudi Valinka membeberkan alasan mereka melakukan aksi anarkis itu di akun Twitter miliknya, @kurawa.
Buruh Diperintah Bakar Karangan Bunga untuk Ahok di Balai Kota Buruh Diperintah Bakar Karangan Bunga untuk Ahok di Balai Kota Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/30/2017 11:50:00 PM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.