Butuh Sedikitnya Rp 45 Juta Untuk Sekolahkan Anak di SMA Taruna Nusantara

Biaya pendaftaran masuk SMA Taruna Nusantara
Biaya pendaftaran masuk SMA Taruna Nusantara. (Repro Foto Detikcom)
Beritakepo.com. SMA Taruna Nusantara yang berada di Magelang, Jawa Tengah, kini sedang banyak dibicarakan. Pasalnya kejadian pembunuhan dengan korban siswa kelas 10 yang bernama Kresna Wahyu baru pertama kali terjadi sejak sekolah ini didirikan.

SMA Taruna Nusantara diresmikan oleh Panglima Angkatan Bersenjata saat itu, Jenderal Try Sutrisno pada tahun 1990. Sekolah SMA Taruna Nusantara dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan yang dijewantahkan ke dalam terpadunya aspek prestasi akademik, jasmani, dan kemandirian.

SMA Taruna Nusantara dapat diartikan sebagai "pemuda dari seluruh pelosok pulau" (taruna = pemuda, nusa = pulau). Siswanya dijaring dari siswa lulusan SMP seluruh penjuru tanah air dan yang memiliki prestasi.

Setidaknya, nilai rapor semester I hingga semester V untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA masing-masing minimal 75.


Lantas, berapa biaya pendidikan di SMA Taruna Nusantara (TN)?

Dilansir dari laman Facebook Official SMA Taruna Nusantara seperti dilansir Grid.ID, pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2017/2018 sudah ditutup. Waktu pendaftarannya adalah minggu ke-2 bulan Februari sampai dengan tanggal 31 Maret 2017.

Lokasi pendaftarannya di Ajen Kodam, Ajen Korem, dan Kodim setempat.

Biaya yang harus dikeluarkan setelah mendapatkan panggilan wawancara adalah biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu, biaya uang pangkal Rp 40 juta, uang Komite Sekolah Rp 1 juta, uang iuran sekolah Rp 3.750.000 per bulan, sumbangan sukarela, kontribusi khusus.

Setidaknya dibutuhkan biaya sekitar Rp 45 juta.

Ada beberapa kategori pendaftaran, Kategori Iuran Sekolah (IS), Kategori Kontribusi Khusus (KK), Kategori Beasiswa, dan Kategori Undangan. Untuk Kategori Kontribusi Khusus (KK) calon pendaftar harus sanggup membayar sekaligus uang pangkal, uang Komite Sekolah, uang Iuran Sekolah bulan Juli & uang KK minimal sebesar Rp. 104.500.000.

Padahal dulu, bersekolah di SMA ini gratis bahkan siswanya diberi uang kantong. Sebagai informasi, Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara (LPTTN) mengalami kesulitan keuangan sehingga pada tahun 2001 menghentikan kebijakan beasiswa penuh kepada siswanya. Walaupun demikian, pelajar terpilih yang mempunyai kesulitan keuangan tetap mendapatkan beasiswa yang diberikan baik oleh individual, perusahaan, maupun pemerintah daerah.

Tak heran, kini mayoritas siswa SMA TN yang sebelumnya merupakan siswa golongan ekonomi menengah ke bawah, mulai diisi oleh siswa dari keluarga mampu. Mereka yang berasal dari keluarga mampu inilah yang kemudian banyak melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri, bahkan ada juga yang melanjutkan sekolah ke luar negeri.
Butuh Sedikitnya Rp 45 Juta Untuk Sekolahkan Anak di SMA Taruna Nusantara Butuh Sedikitnya Rp 45 Juta Untuk Sekolahkan Anak di SMA Taruna Nusantara Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/02/2017 12:07:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.