Lippo Bantah Dukung Anies Realisasikan Program DP Rumah Rp 0

Direktur Lippo Group, John Riady
Direktur Lippo Group, John Riady. (viva.co.id)
Beritakepo.com. Belakangan ini beredar kabar yang menyebutkan bos Lippo Group, John Riyadi mendukung penuh program gubernur DKI terpilih Anies-Sandi soal rumah dengan Down Payment (DP) Rp 0. Menurutnya, rencana ini masih masuk akal dengan harga rumah Rp 350 juta per unit.

"Kalau harga Rp 350 juta itu kita bisa lihat rumah atau apartemen di Singapura dan Hong Kong yang ukurannya 40 meter persegi," katanya saat ditemui di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (20/4), seperti diberitakan Merdeka.com.

Dalam hitungannya, jika biaya pembangunan satu meter rumah sekitar Rp 3 juta maka harga bangunannya saja hanya Rp 120 juta. Namun, jika biaya pembangunan Rp 4 juta per meter, maka harga bangunan juga baru Rp 160 juta.

"Tanah pemerintahan banyak. Kalau bangun rumah itu cost nya ada 2, harga tanah dan harga bangunan. kalau harga tanah dari pemerintah gratis. Harga bangunan pun kalau biaya bangun Rp 4 juta baru Rp 160.000, di jual Rp 300 juta-pun double," jelasnya.

Namun demikian, dia mengakui belum ada pembicaraan antara Lippo dan Pemda DKI terkait rencana pembangunan. Tapi, Lippo sendiri tertarik dengan program Anies-Sandi tersebut.

Pernyataan John Riyadi di atas dipelintir media online tertentu seakan-akan Lippo akan membantu Anies mewujudkan program yang dianggap banyak pihak sulit direalisasikan.


Tak hanya itu, di media sosial juga beredar kabar tentang Gubernur DKI Jakarta (terpilih) Anies Baswedan yang menggunakan helikopter milik Lippo ke Hotel Aryaduta untuk menemui Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota. Selain itu, juga beredar foto CEO Lippo Group James Riady yang berfoto bersama Hary Tanoesoedibjo dan Tomy Winata yang dikaitkan dengan Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

Kabar tersebut langsung dikonfirmasi oleh Direktur Humas Lippo Karawaci Danang Kemayan Jati.

"Mengenai Lippo dukung program 0 persen dan rumah 350 juta - Hoax! Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu," ujar Danang, Jumat (21/4/2017), seperti diberitakan Tribunnews.com.

Berikut klarifikasi Lippo Group seperti diberitakan Beritasatu.com.

1. Mengenai Lippo dukung program 0% dan rumah 350 juta, hoax! Lippo tidak ada rencana ataupun ingin melakukan itu. Acara yang dikutip itu adalah acara ekonomi. Tentunya Lippo mengharapkan kemajuan ekonomi dan juga semua hal yang bisa membantu orang tidak mampu, termasuk affordable living dan mass housing yang dilakukan di setiap negara besar bagi warganya. Sementara, Lippo belum, tidak ada rencana, dan juga bukan pengembang pertama yang akan membangun rumah Rp 350 juta seperti informasi yang beredar.

2. Mengenai foto Hary Tanoesoedibjo (HT), James Riady, dan Tomy Winata (TW), itu adalah foto Februari 2016 saat Hari Pers Nasional di Lombok di hadapan Presiden Jokowi yang kebetulan telah diatur panitia duduk bersama. Karena pemimpin media, HT-MNC, James Riady-Berita Satu, TW-JakTV, wajar saja (tempat duduknya diatur) karena panitia yang susun. Foto tersebut sama sekali tidak ada hubungannya dengan Pilkada 2017, karena diambil jauh lebih lama.
Lippo bantah soal Ahok mau menang sendiri
Lippo bantah soal Ahok mau menang sendiri. (Beritasatu.com)
3. Mengenai statement "Ahok mau menang sendiri". Hoax! Tidak ada pernah ada statement itu dari Lippo. Statement itu telah diedit dan copy paste dari yang asli.
Lippo bantah Anies naik heli Lippo ke Aryaduta
Lippo bantah Anies naik heli Lippo ke Aryaduta. (Beritasatu.com)
4. Mengenai Anies naik heli Lippo ke Aryaduta. Hoax lagi! Tidak benar. Kenapa? Pada hari tersebut, heli Lippo tidak ada yang terbang sama sekali. Area Aryaduta dan Jakarta juga ditetapkan NOTAM (no fly zone) berhubung adanya latihan militer dan kunjungan wapres Amerika.
Lippo Bantah Dukung Anies Realisasikan Program DP Rumah Rp 0 Lippo Bantah Dukung Anies Realisasikan Program DP Rumah Rp 0 Reviewed by Amborsius Ambarita on 4/21/2017 12:43:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.